Akhir Maret Ini Bisa Cetak e-KTP ???

Akhir Maret Ini Bisa Cetak e-KTP ???

BERBAGI
IST/RBO: Kadis Dukcapil Kota Bengkulu - Sudarto W

Sudarto: Saya Sudah Tanya Kemendagri

RBO, BENGKULU – Jika tidak ada halangan, untuk cetak KTP Elektronik (e-KTP) diperkirakan akhir Maret sudah bisa dilaksanakan. Hal ini seperti disampaikan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Bengkulu, Drs H. Sudarto WS M.Si. “Informasi terakhir, dimana saya sudah langsung tanya dengan Kemendagri, untuk blanko e-KTP itu diperkirakan akhir Maret sudah ada. Kalau sudah ada akhir Maret nanti, artinya kita sudah bisa melakukan cetak e-KTP kembali,” ungkap Sudarto saat ditanyai, kemarin.

Adapun habisnya blanko e-KTP tersebut, sebelumnya diketahui sudah berlangsung cukup lama, sejak akhir tahun 2016 lalu, dan hingga kini masih belum juga ada blankonya.

“Namun untuk pengganti e-KTP selagi blankonya belum ada. Seperti yang pernah disampaikan sebelumnya, tetap bisa dilakukan dan pihak Dukcapil akan memberikan Surat Keterangan (Suket) sebagai pengganti KTP,” terangnya.

Diakui oleh Sudarto, kebutuhan akan blanko e-KTP ini sebenarnya masih sangat banyak. Dan itu terbukti dari banyaknya warga yang mengurus Suket sebagai ganti KTP.

“Setiap hari, kita masih melayani warga untuk membuat Suket. Sebetulnya, warga itu maunya langsung e-KTP. Namun karena masih belum ada blankonya, terpaksa mereka mengambil Suket untuk keperluannya. Dan Suket itu, fungsinya sama dengan e-KTP. Dimana berlaku jika digunakan untuk melamar pekerjaan dan yang lainnya. Harapan kita, semoga blanko e-KTP segera datang dan kita langsung mencetak KTP warga, dengan syarat warga tersebut memang sudah melakukan perekaman data di kecamatan,” pungkasnya. (idn)

BERBAGI:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY