Ini Penyebab Jalan Bengkulu Mudah Rusak

Ini Penyebab Jalan Bengkulu Mudah Rusak

354
BERBAGI
Jalan Rusak

RBO, BENGKULU – Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Bengkulu HR.Kuntadi, MM menegaskan, perlunya mengontrol kendaraan yang lalu lalang di jalan raya di 10 kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu yang kian ramai.

Pasalnya, meski jalan-jalan di Bengkulu sudah sesuai standar mutu yang berlaku, jalan tetap membutuhkan perawatan untuk melayani angkutan setempat dengan berat kendaraan yang ditentukan. Jika banyak kendaraan yang melintas melebihi batas maksimum kekuatan jalan, maka akan cepat rusak sebelum waktunya.

“Rancangan kita kan jalan-jalan untuk dilalui kendaraan berkapasitas tonase kan sudah ada, tapi kalau yang melewati lebih dari itu kita mau bilang apa lagi. Jadi perlu ada kontrol traffik kendaraan yang melaluinya,” terangnya.

Ditambahkan, khusus perawatan jalan, saat ini bukan tugas PU melainkan ada badan lain. Hal ini terkait adanya sorotan masyarakat ke dinasnya terkait cepat rusaknya jalan di Provinsi Bengkulu.

Sorotan mengarah ke material aspal jalan yang tingkat kemulusannya tak lama. Khusus aspal, ia mengatakan, dipilih yang bagus. Tidak mungkin aspal jalan di provinsi digunakan yang asal-asalan. Dalam pengerjaan infrastruktur jalan, proyek pembangunan yang menggunakan anggaran publik itu juga diawasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Lembaga auditor itu juga selalu menguji material proyek dengan mengambil sampel benda uji inti pada jalan yang dibangun. Jadi pasti tak akan menyalahi prosedur saat dikerjakan.

“Prosedurnya kan begini, sebelum rekanan mengaspal, mereka membuat dulu petunjuk teknis (Juknis). Setelah Juknis, pada pelaksanaan diambil sampelnya lagi, barang dibawa ke labor lagi, jadi bagaimana caranya kalau ada pengerjaan yang asal asalan,” bebernya.

Ditambahkan, dalam penunjukan rekanan kerja pihaknya akan semakin selektif. Hal ini dilakukan untuk memastikan proyek yang dikerjakan sesuai dengan standar yang ada.

“Terkait rekanan, track record kontraktornya kita lihat baik atau tidak. Terus harus berpengalaman dan berprestasi mengerjakan proyek agar tidak bermasalah di kemudian hari,” pungkasnya. (ags)

BERBAGI:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

4 × four =