Sampah Liar di Jalan Citandui Mulai Lagi

Sampah Liar di Jalan Citandui Mulai Lagi

BERBAGI
Topher/RBO - Salah satu lokasi sampah liar yang dibuang warga

RBO, BENGKULU – Lagi-lagi permasalahan sampah liar yang dibuang warga menjadi keluhan. Padahal pemerintah kota sudah berusaha semaksimal mungkin untu melarang warga membuang sampah sembarangan. Bahkan telah diatur perda dan denda Rp 5 Jutaan.

Namun sejauh ini pelarangan dan perda yang dibuat belum mampu mencegah warga untuk membuang sampah sembarangan karena fasilitas sampah yang tersedia belum ada dan memenuhi harapan warga.

“Itu silahkan lihat di sepanjang jalan Citandui, ada beberapa titik tumpukan sampah yang dibuang sembarangan oleh warga,” sampai Jamin kepada jurnalis koran ini.

Dikatakan Jamin, bagaimana bisa warga patuh pada aturan yang dibuat pemerintah jika pemerintah sendiri belum mampu menyediakan fasilitas sampah seperti kontainer yang dibutuhkan warga.

“Warga bisa patuh jika fasilitasnya disediakan, misalnya kontainer sampah,” ujar dia.

Jamin mengatakan, silakan saja dicek, sepanjang jalan Citanduy, sama sekali tidak ada kontainer sampah. “Harusnya pemerintah mampu menyediakan kontainer sampah, seperti yang disamping makam tapak jeddah, silahkan lihat sendiri bagaimana kondisi disana, sudah terkendali sampahnya, sudah tidak ada berhamburan dipinggir jalan lagi,” kata dia.

Disisi lain, Warga siap untuk patuh jika pemerintah juga memaksimalkan fasilitas umum untuk warga. “Ini sudah 2017, dan mengenai kontainer sampah sudah sejak 2016 lalu dikeluhkan warga, saat ini warga ingin realisasi dari kontainer tersebut,” ujar dia.

Bila di setiap kelurahan, ada konatiner sampah, maka dipastikan Bengkulu akan bersih dari sampah dan tidak ada sampah yang dibuang liar di pinggir jalan, dan dibuang disungai.

“Kami minta pemerintah melalui Dinas kebersihan dan pertamanan untuk maksimal melaksanakan kinerja dilapangan,” singkat dia. (hcr)

BERBAGI:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

eighteen − fifteen =