DKPKP Kembangkan Rumah Pangan Lestari

DKPKP Kembangkan Rumah Pangan Lestari

200
BERBAGI
Ilustrasi

RBO, BENTENG – Dinas Kelutan Perikanan dan Ketahan Pangan (DKPKP) tahun ini berencana mengembangkan rumah pangan lestari. Program ini akan diluncurkan di 6 desa dan diharapkan bisa diadopsi oleh desa lainnya. Dengan adanya rumah pangan lestari maka diharapkan jangka panjang dapat memenuhi gizi masyarakat Benteng disamping memacu peningkatan pendapatan keluarga melalui kegiatan bercocok tanam di lahan terbatas.

“Tahun ini rencananya kembali diluncurkan program RPL, kami menilai program ini sangat bagus dan begitu membantu masyarakat desa. Harapan kami nantinya program ini juga bisa diadopsi oleh desa lainnya,” ungkap Kepala DKPKP, Anzori Tawakal.

Dikatakannya setiap kelompok nantinya akan mengembangkan tanaman yang berbeda-beda dan disesuaikan dengan iklim desa setempat. Metode tanam juga akan disesuaikan, baik dengan metode pekarangan atau menggunakan media pot atau polybag yang juga diintegrasikan dengan perikanan sebagai sumber protein keluarga.

“Program ini bertujuan penguatan ekonomi keluarga, disamping itu juga untuk menyediakan makanan bergizi bagi anggota keluarga. Jadi nanti apakah sayuran atau buah-buahan yang ditanam akan didiskusikan oleh PPL dan kelompok yang ada di desa,” katanya.

Dia menambahkan  program itu nantinya diharapkan juga bisa mempengaruhi warga lainnya di desa itu memiliki kebun sayuran sendiri di pekarangan rumah, seperti kebun kangkung cabut, bunga kol, seledri, tomat, terong, sawi dan cabe.

“Dengan demikian maka kebutuhan gizi di desa ini sudah tercukupi. Dengan hasil panen yang serentak nantinya juga bisa menjadi komoditas ekonomi bagi keluarga,” katanya.(tan)

BERBAGI:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

9 + eight =