Irigasi Bisa Selamatkan 70 Ha Sawah

Irigasi Bisa Selamatkan 70 Ha Sawah

BERBAGI
Irigasi

RBI, BENTENG- Petani sawah Desa Kembang Seri Kecamatan Talang Empat meminta Pemda Benteng dapat membangun irigasi di Sungai Berseri atau Sungai Bengkulu guna menyelamatkan 70 hektar sawah di desa itu. Hal itu diungkapkan Kepala Desa Kembang Seri, Junaidi.

Keberadaan irigasi dinilai Junaidi sangat penting bagi petani di desa itu, pasalnya dengan adanya irigasi maka sawah yang mereka miliki saat ini bisa digarap optimal.

“Di desa ini ada sawah, namun tidak bisa digarap maksimal kerena tidak ada irigasi. Sebab itulah petani di sini saat Musrenbang tingkat desa meminta irigasi. Nah permohonan itu juga kita masukan dalam skala prioritas kebutuhan desa dan sudah disampaikan pada Bappeda dan DPRD. Hanya saja hingga saat ini belum juga direalisasikan. Jika ada irigasi itu maka kami yakin 70 hektar sawah bisa berprodusi maksimal,” kata Junaidi.

Dia menambahkan air dari Sungai Bengkulu dan Sungai Berseri itu sangat berlimpah, bahkan saat musim kemarau pun debit air relatif tidak berubah, hanya saja posisi lahan mereka yang lebih tinggi dari badan sungai membuat air tidak bisa dialirkan kecuali dengan cara membendung air dengan bendungan permanen.

“Beberapa warga yang tergabung dalam kelompok tani sudah berupaya membendung air itu dengan alat seadanya saja dan swadaya, namun itu tak berlangsung lama sebab seberapa kuat kayu bambu serta plastik semen menahan air. Sebab itu kami harap Pemda bisa memprioritaskan irigasi pada kami penggarap sawah di desa ini,” kata Junaidi. (tan)

BERBAGI:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY