4 Sekolah Tak Punya Murid, Terancam Tutup

4 Sekolah Tak Punya Murid, Terancam Tutup

155
BERBAGI

RBO, CURUP – Pejabat Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu menyatakan bahwa saat ini setidaknya ada empat Sekolah Dasar (SD) yang terancam ditutup lantaran tidak memiliki murid.

Menurut Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas), Salamun, S.Pd, keempat sekolah dasar yang terancam gulung tikar itu diantaranya, SDN Tanjung Beringin di Kecamatan Curup Utara, kemudian SDN Guru Agung di Kecamatan Padang Ulak Tanding, satu unit di Kecamatan Curup Timur di kawasan Trokon serta satu unit lagi berada di Kecamatan Kota Padang.

“Jadi dari 171 unit gedung sekolah SD negeri tersebar dalam 15 Kecamatan di Rejang Lebong setidaknya ada empat unit yang terancam gulung tikar karena tidak memiliki siswa. Untuk itu kita akan membuat laporan kepada bupati setempat agar sekolah-sekolah yang terancam tutup ini supaya gedung sekolahnya bisa dimanfaatkan untuk kegiatan lainnya,” ungkapnya.

Sebelumnya, Bupati Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, Ahmad Hijazi memberikan sinyal pemanfaatan gedung sekolah dasar tersebut yang terancam tutup karena tidak memiliki siswa untuk kegiatan lain.

“Ya kalau itu nantinya berdasarkan telaah dari Diknas Rejang Lebong dan tim, jika memang sekolahnya akan tutup, tidak bisa kami paksakan. Daripada sekolah itu rusak, lebih baik gedung sekolah itu kami berdayakan agar tidak cepat rusak,” katanya.

Sekolah-sekolah yang terancam tutup ini kata dia, akan dievaluasi terlebih dulu oleh tim yang terlibat seperti dinas pendidikan dan asisten bupati dan staf ahli bupati yang membidanginya. Untuk sekolah yang terancam tutup lantaran tidak ada siswa selanjutnya akan digabungkan dengan sekolah lain yang posisinya berdekatan.

“Begitu juga dengan para guru masing-masing sekolah akan ditempatkan ke sekolah-sekolah lain yang berdekatan sehingga bisa menutupi kekurangan tenaga guru di Rejang Lebong saat ini. Untuk gedung sekolahan yang tutup akan diberdayakan untuk berbagai kegiatan, mengingat pembangunannya telah menelan anggaran yang cukup besar,” tutup Bupati.(gol)

BERBAGI:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

thirteen + four =