Suntik IB Gagal, Banyak Sapi Mandul

Suntik IB Gagal, Banyak Sapi Mandul

179
BERBAGI
WAWAN/RBO: Banyak sapi mandul, petani rugi

RBO, SELUMA- Sejumlah peternak sapi di kecamatan Seluma Selatan mengklaim jika program perkembangbiakan hewan ternak sapi dengan sistem kawin suntik atau IB (Inseminasi Buatan) yang dijalankan gagal. Dampaknya, banyak sapi mandul.

“Selama ini boleh dikatakan gagal. Kami tidak tahu penyebabnya” sampai Priono (40) salah seorang peternak sapi di Kelurahan Rimbo Kedui Kecamatan Seluma Selatan, kemarin.

Dikatakannya, sitem kawin suntik IB setahun dilakukan lebih dua kali penyuntikan.

“Kami berharap, dinas terkait untuk menelusuri faktor dan kendala kegagalan sistem kawin suntik sapi ini” sampai Priono.

Banyaknya sapi mandul, tentunya berdampak meruginya para peternak sapi, dalam mengembangbiakan ternak sapi mereka.

“Kami petani mengeluh, dan rugi. Sebab, biaya pemeliharaan tak sebanding dengan apa yang diinginkan”  Sampai peternak Sapi lainnya, Amin (45).

Sejauh ini pula,  Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan  Seluma diklaim para peternak sapi belum melakukan sidak atau menelusuri penyebab kegagalan.

Para peternak sapi mengancam akan melakukan sikap protes ke dinas terkait jika hal ini tak segera disikapi. Sebab, menurutnya kegagalan tidak serta merta kesalahan para peternak sapi, selain  oleh pihak Inseminator yang dipercaya sebagai tenaga teknis, menengah yang telah dididik dan mendapat sertifikat sebagai inseminator dari pemerintah.

Selama ini sistem inseminasi Buatan (IB) atau kawin suntik dipercaya peternak sapi sebagai teknik, untuk memasukkan sperma bibit sapi yang telah dicairkan dan telah diproses terlebih dahulu yang berasal dari ternak jantan ke dalam saluran alat kelamin betina dengan menggunakan metode dan alat khusus yang disebut insemination gun.

Tujuan Inseminasi Buatan salah satunya yakni memperbaiki mutu genetika ternak, sehingga tidak mengharuskan pejantan unggul untuk dibawa ketempat yang dibutuhkan sehingga mengurangi cost biaya. Selain itu pula,  sistem kawin suntik ini juga mengoptimalkan penggunaan bibit pejantan unggul secara lebih luas dalam jangka waktu yang lebih lama serta meningkatkan angka kelahiran dengan cepat dan teratur,mencegah penularan, penyebaran penyakit kelamin pada sapi ternak. Sehingga dengan adanya program Inseminasi buatan, selain tidak merugikan peternak, juga mewujudkan swasembada daging sapi. (One)

BERBAGI:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

13 + 20 =