Program Samisake Terus Begulir

Program Samisake Terus Begulir

198
BERBAGI

Yang Macet, Umumkan di Mesjid atau Gereja

RBO, BENGKULU – Program unggulan Pemerintah Kota Bengkulu yakni Satu Miliar Satu Kelurahan (Samisake) akan terus bergulir. Untuk memastikan hal itu, Walikota Bengkulu, H.Helmi Hasan menggelar pertemuan bersama Dinas Koperasi dan LKM kota Bengkulu, pada Selasa (21/02).

Dalam pertemuan tersebut Helmi Hasan mendiskusikan kendala Lembaga Keuangan Mikro (LKM) di lapangan. Dirinya mengapresiasi LKM yang telah mengurus dana Samisake.

“Kita jangan hanya memikirkan keuntungan kita saja. Yakinlah saudara-saudara yang kita dapat bukan hanya keuntungan dunia saja, tetapi juga keuntungan akhirat” ucapnya.

Sementara itu, dari sejumlah kendala LKM di lapangan yang disampaikan hampir semuanya sama. Yaitu keluhan atas tunggakan masyarakat yang meminjam.

“Pak Wali, tindakan apa yang harus kami lakukan terhadap masyarakat yang meminjam tetapi tidak mau mencicil angsuran. Kami sudah bosan menagih bahkan kami sampai melapor ke pihak polisi namun tidak ada solusi,” ujar Lukman dari LKM Kelurahan Berkas.

Menanggapi persoalan tersebut, Helmi mengatakan saat memberikan bantuan, LKM harus ekstra hati-hati. Menelusuri dengan baik jati diri tiap-tiap warga maupun anggota yang ingin mengajukan pinjaman.

“Kalau memang ada masyarakat tidak mau mengembalikan dana pinjaman tersebut ya diberi sanksi social saja. Misalnya diumumkan di mesjid atau gereja,” jelas Helmi.

Selanjutnya, bagi peminjam Samisake yang dalam kondisi sakit atau meninggal dunia tak mampu melunasi pinjaman maka Walikota dan Pemda Kota yang akan melunasinya.

“Tujuan Samisake ini sangat baik, yaitu menyentuh masyarakat yang belum pernah tersentuh bantuan pemerintah. Jangan malah memberi beban kepada pemerintah,” kata Helmi.

Sementara itu, GM RBTV, Dedi Wahyudi yang turut mendampingi Walikota memberi apresiasi kepada Pemerintah Kota Bengkulu atas program Samisake. Dedi cukup terkejut karena bantuan Samisake masih terus bergulir.

“Saya kaget, ternyata asumsi yang mengatakan Samisake sudah tidak berjalan itu tidak benar, saya sangat memberi apresiasi kepada Pemerintah Kota Bengkulu dan juga pendamping Samisake, saya sangat mendukung ternyata Samisake sangat bekembang,” kata Dedi.

Diakhir pertemuan, Helmi, memberikan wejengan dan motivasi terhadap pendamping program Samisake.

“Yakinlah bapak ibu, kalian ini adalah orang yang terpilih yang mampu bertahan mengurus Samisake untuk kepentingan masyarakat karena kita bekerja bukan untuk mencari keuntungan semata, jika kita mencintai yang di bumi maka kita juga akan dicintai yang dilangit. Jika kita berbuat baik kepada yang dibumi maka yang dilangit juga akan berbuat baik kepada kita, maksud saya yang dilangit adalah Allah SWT,” tutupnya. (ae3/rsm)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

twenty + two =