Edarkan Uang Rp 120 Miliar

Edarkan Uang Rp 120 Miliar

BERBAGI
IST/RBO: Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu,Sarapan pagi bersama insan media (22/2).

Duit Rupiah Baru Sangat Susah Dipalsukan

RBO, BENGKULU – Uang Rupiah baru atau uang NKRI sangat susah untuk dipalsukan. Jadi, masyarakat jangan khawatir menerima uang rupiah baru asalkan mengetahui ciri keaslian rupiah.

Masih belum meratanya uang rupiah baru didapatkan masyarakat saat ini membuat beredar isu bahwa uang rupiah baru mudah dipalsukan.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu, Endang Kurnia Saputra usai sarapan pagi bersama insan media (22/2) dengan tegas mengatakan bahwa uang rupiah baru tidak bisa dipalsukan. Karena uang rupiah baru ini canggih fitur pengamannya dan uang baru ini sangat mudah sekali dikenali ciri keasliannya.

Menanggapi tudingan mudahnya rupiah dipalsukan, Endang menyatakan, “Uang rupiah baru ini tidak bisa dipalsukan. Baik itu dengan cara di copy atau di scand dengan photoshop seperti isu negatif yang ada disosial media. Ketika discand mesin nya akan mati secara otomatis. Karena apa? uang rupiah kita memiliki fitur keamanan yang luar biasa”.

Sisi lain, Kepala kantor perwakilan BI ini mengatakan, meskipun sebagian masyarakat belum menerima uang rupiah baru, namun jangan khawatir ketika melakukan transaksi dengan uang baru.

Perlu diketahui bahwa, uang rupiah baru yang asli ini tektur kertasnya ketika diraba terasa lebih kasar, setelah itu ketika diterawang gambar tanda air nya lebih kentara. Belum lagi adanya fitur gambar saling isi (recktoverso) di logo BI nya pada setiap pecahan uang kertas. Dan bila pakai alat bantu penditeksi uang palsu seperti sinar UV tentu lebih sulit lagi dipalsukanya. Karena uang rupiah baru ini ketika disinar UV akan keluar gambar penuh warna.

Misalkan saja pada uang Rp 20 ribu, pada benang pengamannya akan terlihat warna warni, uang Rp 50 ribu dibawah sinar UV akan menampilkan gambar burung jalak bali. Begitu juga dengan setiap uang pecahan kertas ada ciri masing-masing.

Uang rupiah resmi beredar di Indonesia pada 19 Desember 2016, untuk wilayah Bengkulu sejak dikelurakan telah beredar sebanyak Rp 95 Miliar (uang kertas dan logam) sekira udah beredar 65 persen di wilayah provinsi Bengkulu. Sedangkan kantor perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu manergetkan dalam waktu dekat ini uang yang beredar senilai Rp 120 M atau paling tidak 90 persen di wilayah Bengkulu. (ae2)

BERBAGI:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY