PPI Pulau Baai Siap Setorkan PAD

PPI Pulau Baai Siap Setorkan PAD

137
BERBAGI
TOPHER/RBO: Kadis DKP Provinsi Ir. Ricky Gunarwan saat melakukan sidak pelabuhan beberapa waktu lalu

RBO, BENGKULU – Sepertinya Pada masa kepemimpinan Ir. Ricky Gunarwan menjabat sebagai Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, akan menyetorkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dibidang pelayanan pelabuhan.

Selama ini potensi PAD disektor pelabuhan sama sekali tidak digarap maksimal. Oleh karenanya dinas yang dipimpinnya mengusulkan perda untuk memungut retribusi pada labuh tambat kapal diatas 10 Groston.

Selain itu biaya parkir kendaraan kunjungan ke PPI, sewa auning dan potensi lainnya juga diajukan. “Kitakan menyediakan fasilitas kepada masyarakat dan wajar jika dipungut retribusi, makanya kita perlu perda sebagai payung hukumnya,” ujar dia kepada jurnalis, diruangan kerjanya, Kamis 23/2.

Dikatakan Ricky selama ini potensi PAD dari sektor pelabuhan sangat minim, makanya sekarang dimaksimalkan. “Jika kapal di atas 10 GT itu, bukan lagi punya nelayan, kapal itu sudah punya pengusaha. Selama ini tidak pernah ada, retribusi labuh tambat dipelabuhan,,” sampai dia.

Sebagai bagian dari pelayanan kita yang menyediakan Fasilitas pelabuhan, maka sudah sewajarnya jika para pengusaha yang menggunakan pelabuhan tersebut dipungut retribusi. “Kita sediakan fasilitas dan kita layanani dengan baik, sebagai imbalannya mereka bayar jasa yang diberikan,” ujar dia.

Sementara itu, terkait dengan adanya dua bangkai kapal yang menganggu aktifitas sandar dan berlabuh dipelabuhan pelelangan ikan beberapa waktu lalu, sekarang sudah dibersihkan.

“Saya mendapatkan laporan dari bawahan saya, jika bangkai kapal yang menganggu sudah dibongkar oleh pemiliknya sebelum kita bongkar, hal ini lebih baik, sebab pemiliknya sudah menyadari jika bangkai kapal tersebut menganggu aktivitas di pelabuhan tersebut,” jelas dia.

Kedepan, PPI akan dimaksimalkan dalam memberikan pelayanan dan mendatangkan PAD. “Kita bangun faslitas, masyarakat menggunakan fasilitas tersebut dan kita mendapatkan pemasukan dari jasa tersebut,”. Tutup dia. (hcr)

BERBAGI:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

eleven − 1 =