Puluhan Hektare Sawah di Teramang Jaya Terendam Banjir

Puluhan Hektare Sawah di Teramang Jaya Terendam Banjir

57
BERBAGI
SENO/RBO: Puluhan hektare sawah di Mukomuko terendam banjir

Padi Yang Baru Disabit Hanyut

RBO, MUKOMUKO – Sekitar 50 hektare areal persawahan milik petani di Kecamatan Teramang Jaya sejak Senin (27/2) hingga berita ini diterbitkan masih terendam banjir. Padahal sawah-sawah didaerah itu sudah siap panen.

Salah seorang Ketua Kelompok Tani (Poktan) Teramang Jaya, Kamaris mengungkapkan, banjirnya sawah-sawah didaerah itu akibat tanggul yang selama ini menahan luapan sungai Teramang jebol karena diterjang derasnya arus sungai.

“Mungkin tanggul yang selama ini menahan air Teramang agar tidak masuk sawah tidak mampu menahan derasnya sungai,” kata Kamaris saat dihubungi RBI, Selasa (28/2).

Diceritakannya, dengan tingginya curah hujan beberapa hari ini, membuat debit sungai Teramang semakin tinggi. Kata Kamaris, awalnya sungai hanya meluber-luber saja diatas tanggul sampai hari Senin (27/2) tanggul jebol sepanjang lebih kurang 4 meter.

Petani setempat khawatir, padi yang sudah siap panen membusuk akibat lamanya terendam air. Ia berharap ada penanggulangan sementara agar luapan sungai menyurut.

“Yang jelas kalau sudah terendam seharian kayak gitu pasti kualitasnya menurun. Tapi paling tidak kami berharap, padi yang sudah kami tanam dan kami rawat selama ini bisa dipetik hasilnya, minimal untuk dimakan sendiri. Kami sangat berharap ada penanggulangan sementara tanggul yang jebol itu,” harapnya. (SAM)

Untuk Lebih Jelasnya BACA HARIAN RADAR BENGKULU EDISI 1 MARET 2017

BERBAGI:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

8 + eleven =