Sejumlah Desa di MM Dalam Zona Perebutan

Sejumlah Desa di MM Dalam Zona Perebutan

133
BERBAGI
Seno/RBO: Rapat Koordinasi persiapan simulasi bencana Gempa, Tsunami Kabupaten Mukomuko.

RBO, MUKOMUKO – Terdapat sejumlah desa yang berada di wilayah Kabupaten Mukomuko masuk dalam Zona Perebutan dengan wilayah tetangga.

Pemerintah Kabupaten Mukomuko tidak menampik adanya beberapa wilayah khususnya pedesaan masuk dalam zona perebutan dengan Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat. Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Mukomuko, Syafkani, SP.

Katanya, untuk itu persoalan ini sepenuhnya diserahkan kepada pemerintah pusat yang memiliki kewenangan.

“Persoalan tapal batas ini sudah terselesaikan di kementerian dikarenakan koordinat masing masing titik telah ada pada tahun 1975 lalu,” kata Syafkani.

Dijelaskannya, memang terdapat sejumlah wilayah yang secara administrasi (titik koordinat) masuk dalam wilayah Mukomuko, namun patok batas yang tertera sekarang menunjukan wilayah tersebut masuk dalam Kabupaten Pesisir Selatan.

“Yang jadi masalah sekarangkan titik kordinat yang tertera pada Keputusan Mendagri tahun 1975 tersebut tidak sesuai dengan patok patas yang ada sekarang,” ujarnya.

Sekda berharap penyelesaian tapal batas ini dapat diselesaikan sesegera mungkin. Pasalnya, kedua belah pihak sudah mengajukan pertimbangan-pertimbangan masing-masing.

“Kalau kita, terkait masalah ini kita serahkan sepenuhnya kepada Pemerintah Pusat,” demikian Syafkani. (sam)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

thirteen − twelve =