Kakanwil: Kuota 263 CPNS Kemenkumham, Ada Calo, Laporkan !!!

Kakanwil: Kuota 263 CPNS Kemenkumham, Ada Calo, Laporkan !!!

43
BERBAGI
Ronal/RBO: Kemenkumham Sinergi Dengan Instansi

RBO, BENGKULU – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia saat ini telah menerima berkas sebanyak 3.793 se-Provinsi Bengkulu. Sementara itu, untuk berkas melalui kantor pos sudah sebanyak 240 surat lamaran.  Namun kuota penerimaan sebanyak  240 orang untuk tingkat Sekolah Menengah Atas jatah Provinsi Bengkulu. Ditambah S1 dan D3  23 orang. Total keseluruhan ditambah dengan calon Sarjana dan Diploma sebanyak 263 orang yang akan diterima nantinya.
Dikatakan Kakanwil Kekumham Provinsi Bengkulu, Ilham Djaya, pihaknya akan melaksanakan pelaksanaan seleksi itu dengan transfaran. Sehingga tidak ada celah bagi calo untuk masuk dalam kegiatan itu. “Jika ibarat kata, kita motong kue dan kita potongnya. Maksudnya, kita yang melaksanakan. Kita juga yang dapat keuntungan nah ini yang kita hindari,” terang Ilham saat coffe morning kemarin Senin (07/08).
Pihaknya sudah menggandeng instansi dan pihak terkait agar pelaksanaan dinyatakan bersih. Dalam coffe morning itu, pihaknya turut mengundang Kepala Perwakilan Omdusman Provinsi Bengkulu, Kepala Pos Bengkulu, Kepala LPPM Universitas Bengkulu serta Satuan Brimob Bengkulu. Mengenai surat lamaran secara tertulis, ia menegaskan tidak dapat menitipkan. “Sehingga dengan kita kerjasama dengan PT Pos ini, pihak calon seleksi wajib mengirimkan surat lamarannya kesana. Murah bayar Rp 11 ribu aja, ini salah satu komitmen kita bersih dalam upaya penerimaan tersebut. Ini yang berat bagaimana jika ada calo, namun jika ada pengaduan akan kita tindak. Namun jangan ada fitnah, harus ada buktinya dan silakan laporkan,” tambahnya.
Menurutnya terhitung 3 tahun terakhir, pihaknya merasa berkurangnya tenaga kerja. Hal ini dikarenakan tahap masuk pensiun, meninggal dunia, hingga akibat pemecatan dini.
“Untuk dicatat untuk pelaksanaan kita menggandeng instansi terkait. Tesnya kita lakukan di Unib dan Poltekes. Selain itu saya sekali mengimbau agar tidak masuk melalui calo,” tambahnya.
Terpisah Ketua Panitia Pelaksana Penerimaan Daerah Indah Rahayu Nengsih mengatakan, pelaksanaan ini berlangsung dari 1 Agustus hingga 26 Agustus bagi calon seleksi tingkat SMA. Untuk batas Sarjana dan Diploma khusus melalui Kantor Pos hingga tanggal 31 mendatang, dengan catatan lengkap administrasi. Sementara itu, waktu pengumuman  seleksi kompetensi dasar dengan cat pada tanggal 11 hingga September, diumumkan pada 20 September mendatang. Untuk pengumuman kelulusan keseluruhan dijadwalkan pada 9 November mendatang.
Pihaknya tidak memprioritaskan bagi putera atau puteri daerah dengan syarat, calon harus melengkapi administrasi kependudukan dengan sah dan lengkap. “Dari luar daerah tidak ada masalah namun membuat surat pernyataan dari kelurahan setempat. Untuk perangkat sangat terbatas, dikarenakan antusias banyak sekali. Namun waktu kemampuan kita hanya ada lima shift hingga pukul 17.00 Wib sore hari,” imbuhnya. (run)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

four × five =