Duit Rp23 M Lebih di Bagikan Ke 17.027 Warga Bengkulu

Duit Rp23 M Lebih di Bagikan Ke 17.027 Warga Bengkulu

63
BERBAGI
Ronal/RBO: Dirjen Perlindungan dan Jaminan Kemsos RI Harry Hikmat memberikan bantuan program harapan

Dirjen dan Mensos Kunker di Bengkulu

RBO, BENGKULU – Terhitung 5.945 keluarga Kota Bengkulu menerima dana Program Keluarga Harapan (PKH). Hadir dalam acara itu Wakil Walikota Bengkulu Ir Patriana Sosialinda, Sekda Kota Bengkulu Marjon, M.Pd dan seluruh Kepala OPD Pemda Kota Bengkulu. Dalam kata sambutan Dirjen Perlindungan dan Jaminan Kemsos RI, Harry Hikmat  mengatakan, penyaluran bantuan sosial non tunai program keluarga harapan ini akan diberikan masyarakat yang membutuhkan. Pihaknya pun menegaskan penyaluran diberikan dengan sistem transfaran. “Upaya ini merupakan dana non tunai bagi masyarakat yang membutuhkan. Kita berharap agar dana ini dapat tersalurkan dengan tepat,” terangnya.  Bantuan sebesar Rp 23 miliar lebih untuk 17.027 keluarga. Bantuan sosial disabilitas bagi 132 jiwa sebanyak Rp 393  juta, bantuan lanjut usia sebanyak Rp 210 miliar bagi 105 jiwa se Provinsi Bengkulu.
Wakil Walikota Bengkulu Ir Patriana Sosialinda mengatakan bantuan tersebut sangat penting bagi masyarakat yang sangat membutuhkan. Terlebih lagi bagi bantuan dana kesehatan, saat ini dapat menggunakan hanya satu kartu yang dinamakan Kartu Merah Putih. Untuk program Samisake pun juga merupakan program dana bantuan bagi peran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah).
“Sudah terjawab apa yang menjadi pertanyaan jika hanya Kartu Merah Putih sudah digunakan untuk kesehatan juga. Kita juga memiliki program Samisake yang membantu meningkatkan perekonomian masyarakat,” terangnya. Diketahui untuk total keselurahan dana sosial PKH ini se Provinsi Bengkulu sebanyak 51.569 warga. Dana diberikan 4 tahap. Bulan Februari diberikan sebanyak Rp 500 ribu, bulan Mei Rp 500 ribu, Agustus sebanyak Rp 500 ribu terakhir pada Desember sebanyak Rp 350 ribu. Sehingga setiap satu orang menerima Rp 1.890.000,-. Dana bantuan ini berkerja sama dengan Bank BRI. Untuk jumlah anggaran dana ini sebesar Rp 11.236.050.000. Dalam pencairan masyarakat diberi Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) memiliki tabungan, sesuai dengan sistem secara penabungan uang. Untuk program reward merupakan, sistem dengan cara jaminan kesehatan dan lain lainnya. Tampak hadir juga Kapolres Bengkulu, Dandim Kota Bengkulu dan Danlanal Bengkulu.
Dalam rencana awal Mensos Dra Hj Kofhifah Indar Parawansa yang akan ke Bengkulu mulai pagi Jumat. Namun karena ada kesibukan digantikan Dirjen. Kabarnya Mensos tetap akan ke Bengkulu pukul 18.10 WIB tadi malam naik Batik Air. Selanjutnya ba’da Isya pukul 20.00 WIB akan mengadakan ramah tamah di Balai Raya Semarak rumah dinas Gubernur. Keterlambatan Mensos ke Bengkulu karena masih ada acara di Jakarta Jumat pagi. (run)

BERBAGI:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

2 × 5 =