Pemda Mukomuko Inginkan “Perusahaan Plat Merah” Hasilkan PAD Besar

Pemda Mukomuko Inginkan “Perusahaan Plat Merah” Hasilkan PAD Besar

7
BERBAGI
Seno/RBO: Pembukaan Bimtek BUMD Kab. Mukomuko

RBO, MUKOMUKO – Pemerintah Kabupaten Mukomuko mengharapkan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) bisa menghasilkan keuntungan dan memberikan Pendapatan Asli Daerah (PAD)  yang besar bagi daerah. Hal ini disampaikan Asisten I Setdakab Mukomuko, Gianto, SH dalam sambutannya pada pembukaan Bimtek Penguatan Kapasitas Pengelolaan Perusahaan Daerah, Kamis (14/9).

Ia mengatakan, seharusnya, BUMD juga mampu mencari keuntungan seperti halnya perusahaan swasta. “BUMD tidak diharamkan mencari laba,” ujar Gianto.

Ia menyebutkan, sepengetahuan dia, sejak tahun 2005, Pemda Mukomuko kerap menggelontorkan penyertaan modal terhadap BUMD. Sejak itu sampai sekarang BUMD Kabupaten Mukomuko kerap mengalami kerugian.

“Perusahaan plat merah juga harus bisa untung. Namanya usaha harus mencari keuntungan, meskipun BUMD itu tidak bisa melepaskan aspek sosial demi kesejahteraan masyarakat,” sampainya.

Ia menduga, sejumlah kegagalan pengelolaan BUMD lalu itu dipengaruhi managemen yang belum kuat.

Menurutnya, Bimtek ini sangat penting bagi pengelola sebagai tambahan pemahaman dalam pengelolaan perusahaan daerah.

“Mungkin sejak 2005 belum ada pelatihan yang khusus peningkatan kapasitas pengelolaan perusahaan daerah, makanya saya berpikir Bimtek ini sangat penting untuk kemajuan BUMD Mukomuko mendatang, BUMD yang mampu menghasilkan keuntungan bagi daerah,” demikian Gianto.

Untuk diketahui, Bimtek ini diikuti oleh managemen serta karyawan tiga BUMD Kabupaten Mukomuko. Yakni PDAM Tirta Selagan, PT. Mukomuko Maju Sejahtera dan perusahaan yang baeroperasi Bank Pengkreditan Rakyat (BPR) Mukomuko. (sam)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

ten + fifteen =