3 Kecamatan Dinyatakan Kawasan Kumuh

3 Kecamatan Dinyatakan Kawasan Kumuh

10
BERBAGI
DEDI/RBO: Jembatan Sukarami Mulai Mengkhawatirkan

RBO, BENTENG – Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPRKPP) menetapkan Kecamatan Pondok Kelapa, Pondok Kubang dan Bang Haji sebagai kawasan kumuh. Penetapan tersebut setelah melalui penilaian dan pencocokan kriteria. Penetapan kawasan tersebut menjadi perhatian serius dan diupayakan mendapatkan suntikan dana dari pusat untuk pembangunan dan pengembangan kawasan itu.

“Tanya jawab dengan berbagai stake holder dan kajian sudah kami lakukan, sementara ini ada beberapa desa di 3 kecamatan yang memenuhi kriteria sebagai kawasan kumuh,” kata kepala DPRKPP, Edy Ermansyah, PhD.

Dia menambahkan penetapan kawasan kumuh tersebut nantinya akan ditetapkan melalui SK Bupati Benteng, sehingga kawasan kumuh tersebut dapat dibangun dengan menggunakan dana APBN melalui program kementrian. Menurutnya selama ini, data mengenai kawasan kumuh belum terintegrasi sebab Bappeda dan PU memiliki kriteria yang berbeda, namun kali ini mengenai kawasan kumuh menjadi kewenangan dari DPRKPP.

“Selama ini Dinas PU dan Bappeda memiliki bidang mengenai kawasan kumuh, sehingga tidak pernah ada ketetapan. Nah sekarang sudah menjadi kewenangan penuh dari DPRKPP, baik mengenai penatapan maupun pembangunan dan pengembangan kawasannya,” ujar Edy.

Selain itu, pihaknya juga akan menerjunkan tim melakukan verifikasi faktual terhadap kawasan kumuh yang diajukan. Dari hasil verifikasi nantinya akan diketahui desa-desa mana saja yang ada di 3 kecamatan tadi yang masuk kriteria kawasan kumuh, sehingga bisa dibangun melalui dana kementerian.

“Tim memiliki kriteria-kriteria sehingga bisa dikategorikan kumuh. Nanti penetapannya akan dilakukan melalui SK bupati. dan SK itulah nantinya yang menjadi landasan kementrian menjalankan programnya,” ujar Edy. (tan)

BERBAGI:

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

19 + nine =