Komisi I Minta Segera Definitifkan Sekda Provinsi Bengkulu

Komisi I Minta Segera Definitifkan Sekda Provinsi Bengkulu

21
BERBAGI
Iwan/RBO H.-Edi-Sunandar

Edi Sunandar : Evaluasi Seluruh Kepala OPD

RBO >>  BENGKULU >>  Menyikapi kondisi Provinsi Bengkulu sekarang, dimana hingga saat ini selain Gubernur yang masih dijabat oleh Plt, juga Sekda Provinsi dan beberapa pejabat eselon II lainnya, untuk itu Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu melalui sekretarisnya H. Edi Sunandar meminta hendaknya segera definitifkan Sekda.

“Pertama kita mendorong supaya Plt Sekda di definitifkan. Kedua evaluasi seluruh OPD. Tempatkanlah kepala-kepala OPD kedepan yang memang menguasai dan berkompeten dibidangnya masing-masing, baik berkompeten dibidang kedisiplinan, keahlian sesuai dengan Tupoksi yang ada di OPD-OPD,” ungkap Sekretaris Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu tersebut.

Sebelumnya dijelaskan oleh politisi NasDem tersebut, terkait Gubernur Bengkulu yang masih Plt, sesuai aturan dimana saat ini Gubernur Bengkulu non aktif juga masih bermasalah hukum serta berstatus tersangka.

“Saat ini kan posisinya Gubernur non aktif masih sebagai tersangka dan proses hukumnya masih terus berjalan. Dan hal ini juga sudah diatur dalam Undang-Undang. Tapi yang paling penting menurut saya saat ini, dengan posisi Gubernur dijabat Plt, maka hal itu tidak mengurangi kewenangan seorang kepala daerah. Hanya saja bedanya Gubernur definitif dan Plt. Kalau Plt ini dia harus berkoordinasi meminta izin, tidak serta merta Plt itu tidak bisa melakukan kebijakan. Dia bisa melakukan kebijakan, tapi dengan berkoordinasi atau izin dengan Kemendagri,” jelasnya.

Sebab itu, kembali pada masih adanya posisi jabatan yang di Plt kan. Pihaknya, lanjut Edi Sunandar, berupaya mendorong bagaimana agar itu segera bisa didefinitifkan sesuai aturan dan Undang-Undang yang berlaku.

“Kita terus berupaya mendorong. Terakhir kita ke Kemendagri soal Sekda, katanya itu sudah di secretariat kabinet di Seskab. Untuk itu, kita sebenarnya tinggal menunggu tiga nama itu siapa yang berwenang menduduki jabatan Sekda definitif. Itu langkah awal setelah itu baru mengevaluasi seluruh OPD yang masih dijabat Plt,” pungkasnya. (idn)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

eighteen − 3 =