Ketua Panwaslu Lantik & Sumpah 24 Panwascam

Ketua Panwaslu Lantik & Sumpah 24 Panwascam

66
BERBAGI
Ketua Panwaslu Kabupaten kepahiang saat melantik dan mengambil sumpah 24 Panwascam se-Kabupaten Kepahiang

Parsadaan; Pengawas Kali Ini Wajib Gaul

RBO, KEPAHIANG – Ketua Penitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Kepahiang Rusman Sudarsono, SE, melantik dan mengambil sumpah 24 anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se- Kabupaten Kepahiang, Selasa (14/11), siang sekira pukul 14.30 WIB.
Pelantikan dan pengambilan sumpah Panwascam ini sangat istimewa karena dihadiri langsung oleh Ketua Badan Pengawas Pemilu (Banwaslu) Provinsi Bengkulu Parsadaan Harahap, SP, M.Si. Selain itu juga hadir Asisten I M.H. Taher, SH, Waka Polres Kompol. Rudy, SH, Waka I DPRD Kepahiang Andrian Defandra, SE, Komisioner KPU Kepahiang, camat dan Kapolsek- Kapolsek se Polres Kepahiang.
Dalam sambutanya Ketua Banwaslu Provinsi mengungkapkan pelantikan dan pengambilan sumpah Panwascam dilakukan serentak pada 10 Kabupaten/Kota Provinsi Bengkulu. Dimana seluruh anggota dan pejabat struktural Banwaslu Provinsi Bengkulu diterjunkan ke setiap Kabupaten/Kota. Dia sendiri lanjutnya memilih mengadiri pelantikan Panwascam di Kabupaten Kepahiang. Alasannya karena pada pemilihan legislatif sebelumnya Panwaslu Kabupaten Kepahiang masuk nominasi Panwaslu terbaik tingkat nasional.
“Kami bagi tugas untuk mengadiri pelantikan Panwascam di 10 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Bengkulu hari ini (kemarin-red), Saya memilih hadir disini bentuk apresiasi karena pada tahun sebelumnya Panwaslu Kabupaten Kepahiang merupakan nominator Panwaslu terbaik tingkat nasional, jadi saya ingin memberikan suport agar prestasi tersebut bisa dipertahankan dan ditingkatkan hingga jadi yang terbaik,”ujar pria yang akrab disapa bang Pasak ini.
Selain itu Pasak juga berpesan kepada seluruh Panwascam yang sudah dilantik dan disumpah agar mempersiapkan kemampuan dan mental dalam menjalankan amanah yang sudah diberikan, terutama dalam melakukan pengawasan tahapan pemilihan legislatif dan presiden tahun 2019 mendatang.
“Saya berpesan kepada anggota Panwacam yang sudah dilantik untuk persiapkan mental dan kemampuan dalam menjalankan tugas. Saya ingin amanah diberikan ini dijadikan amanah yang mulia dan terhormat,”ungkapnya.
Terakhir Ketua Bawaslu Provinsi Bengkulu juga meminta kepada Panwascam se-Kabupaten Kepahiang untuk menjadi pangawas yang gaul. Maksudnya panwascam harus bisa mengikutsertakan masyarakat dalam melakukan pengawasan tahapan pemilihan nantinya.
“Mulai kini pengawas itu harus gaul, maksudnya pengawas harus sering bergaul dengan masyarakat, komunitas masyarakat dan mengajaknya ikut serta melakukan pengawasan tahapan pemilu,”terangnya.
Pada kesempatan yang sama Ketua Panwaslu Kabupaten Kepahiang juga menekankan bahwa tugas Panwascam setiap kecamatan adalah untuk melakukan pencegahan dan penindakan terhadap pelanggaran pemilu, mengawasi pelaksanaan tahapan tingkat kecamatan, mencegah terjadi praktik politik uang, mengawasi netralitas semua pihak yang dilarang mengikuti kampanye, mengawasi pelaksanaan putusan atau keputusan.
“Panwascam juga harus mengelolah, memelihara, dan merawat arsip serta menyusunnya berdasarkan undang-undang berlaku, lalu melakukan pengawasan sosialisasi pemilu dan mengevaluasi pengawasan pemilu tingkat kecamatan,”jelas Rusman.
Terakhir Rusman berharap kepada pemerintah kecamatan penegak hukum tingkat Polsek bisa menjalin kerjasama dengan Panwascam pada masing-masing kecamatan, masukan dan saran sangat dibutuhkan bagi anggota Panwascam dalam menjalankan tugas-tugasnya.
“Khusus kepada Pemda Kepahiang kami berharap adanya dukungan sarana dan prasarana untuk Panwascam dan Panwaslu Kabupaten Kepahiang, harapan kita semboyan Panwas bersama rakyat awasi pemilu, bersama Banwaslu kita tegakan keadilan Pemilu, bisa tercapai dengan baik,”bebernya.
Menanggapi hal itu Asiten I Setda Kepahiang mewakili Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayatullah Sjahid, MM, mengatakan Pemda Kepahiang siap memberikan bantuan kepada Panwaslu dan Panwascam.
“Pemda Kepahiang dalam hal ini akan suport seluruh kegiatan panwaslu dan Panwascam, tetapi perlu kami sampaikan bantuan dimaksud akan disesuaikan dengan kemampuan anggaran yang ada, karena saat ini untuk APBD 2018 kita mengalami defisit sangat besar,”singkat MH. Taher,SH, kemarin. (izu)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

two + ten =