Nelayan Tradisional Seluma Usir Nelayan Trawl

Nelayan Tradisional Seluma Usir Nelayan Trawl

22
BERBAGI
ONE/RBI: Nelayan tradisional Seluma memperlihatkan perahu yang patah akibat ditabrak nelayan trawl

Terjadi Aksi Kejar- kejaran

RBO >>  SELUMA >>  Bentrok antar nelayan tradisional Desa Pasar Seluma Kecamatan Seluma Selatan dengan kapal diduga trawl bertuliskan Bina Bersatu yang diduga berasal Kota Bengkulu kembali terjadi pada Senin (13/11) sekitar pukul 08.05 WIB di kawasan pesisir Pantai Seluma. Peristiwa ini terjadi setelah kalangan nelayan tradisional melihat aktivitas nelayan Bina Bersatu menggunakan alat tangkap diduga trawl dikawasan Pantai Sebayur dengan Muara Pasar Seluma.

Melihat kondisi itu, sejumlah nelayan yang berada ditengah laut langsung menghubungi Ketua Kelompok Nelayan Pasar Seluma untuk turun membantu mengusir. Karena teguran nelayan kecil tak digubris nelayan trawl. Mengetahui kapal nelayan tradisional berdatangan, kapal trawl kemudian berusaha kabur dengan memutuskan jaring pukatnya. Aksi kejar-kejaran ditengah laut sempat terjadi, antara kapal nelayan tradisional dengan kapal trawl Bina Bersatu tersebut.

Namun, tidak beruntung bagi kapal nelayan tradisional yang ditumpangi Ikhwan, Ketua Kelompok Nelayan yang juga menjabat sebagai Ketua BPD Pasar Seluma saat berupaya membantu, tiba-tiba kapal trawl berbelok dan menabrak bagian samping kanan kapal nelayan tradisional yang mereka tumpangi.

“Perahu yang kami tumpangi ada 4 orang. Saya, Amirin, Syahril, dan Andika. Kami mencoba mengusir perahu trawl, tapi malah perahu kami ditabrak, hingga perahu kami patah. Dan saya sempat terseret sekitar 20 meter,” cerita Ikhwan Senin (13/11).
Bentrok antar nelayan padam, setelah kapal Bina Bersatu melarikan diri.

Sementara ini, kasus ini masih ditindaklanjuti pihak Lanal Bengkulu setelah mendapat informasi dari kalangan nelayan.
Kasus bentrok antar nelayan ini,bukanlah yang pertama kali. Ini terjadi karena adanya kecemburuan sosial lantaran masih adanya nelayan lain yang menggunakan trawl.(one)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

3 × five =