BPJS Ketenagakerjaan Bagikan Sembako Murah

BPJS Ketenagakerjaan Bagikan Sembako Murah

61
BERBAGI
Rio/RBO: Foto Bersama Pasar Murah BPJS Ketenagakerjaan di Kampung Sejahtera Kota Bengkulu

RBO, BENGKULU – Bagian Rangkaian acara memperingati hari jadinya yang ke 40 tahun, BPJS Ketenagakerjaan mengadakan Pasar Murah serentak di 40 Kota di Indonesia. Khusus untuk di Kota Bengkulu, dilakukan terpusat di Kampung Sejahtera Kelurahan Sumber Jaya, Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu kemarin. Acara tersebut gencar dilakukan guna menyampaikan program pemerintah yang rentan terhadap risiko keselamatan kerja dan kematian.

Dalam hal ini, mereka kerjasama dengan OPD setempat guna berjalan dengan lancar untuk menyalurkan 600 Paket Sembako dan 150 Paket Sembako akan disebarkan kepada masyarakat sekitar Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bengkulu. Adapun harga sembako yang dijual murah ini seharga 166.800 dan dijual kepada masyarakat seharga 76.800. Yang mana nantinya setiap kantong paket terjual, maka otomatis akan mendapat perlindungan BPJS Ketenagakerjaan selama sebulan.

RIO/RBO: Tamu dan Masyarakat yang hadir dalam Pasar Murah BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bengkulu

Stimulant/ pancingan kepada masyarakat ini adalah untuk beralih perlindungan/ asuransinya dengan mengganti asuransi pemerintah yang murah, besar dan banyak manfaatnya, dan juga adanya dorongan dari OPD setempat guna menyampaikan program pemerintah ini kepada masyarakat. Karena program ini dirancang dan diperuntukan untuk masyarakat menengah ke bawah yang tingkat penghasilan rendah dengan resiko kerja tinggi. Hal ini yang disampaikan oleh Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bengkulu, Yosep Aris Daryanto kemarin.

“Dalam menyambut Hari Jadi BPJS Ketenagakerjaan ke 40 Tahun tanggal 5 Desember nanti, kami mengadakan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL). Dimana seluruh instansi/ pemerintah/ badan harus betul –betul memberikan perhatian disekitar dan masyarakat daerah yang membutuhkan. Dan hal ini juga melatih masyarakat bagaimana mamanage/ mengatur hidup dalam aktifitas pekerjaan agar aman dari risiko sosial ekonomi yang tidak tertuga yang dampaknya kepada keluarganya,” ujar Yosep.

RIO/RBO: Tamu dan Masyarakat yang hadir dalam Pasar Murah BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bengkulu

Dengan adanya acara ini, kepada masyarakat Bengkulu yang bekerja secara mandiri (Bukan Penerima Upah/ BPU) bisa mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan ini. Sembako Murah ini juga didalamnya terdapat Iuran BPJS Ketenagakerjaan 16.800 bagi pekerja mandiri selama sebulan dan untuk bulan berikutnya tinggal melanjutkan saja yang dapat dibayar di tempat-tempat penerimaan pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan. Ditambahkannya, Kepada Pemerintah Kota, Kabupaten dan Provinsi Bengkulu agar masyarakatnya sejahtera dan membantu menekan tumbuhnya masyarakat miskin baru sangat berperan sebagai jembatan pengaman akan hal tersebut, “ujar Kacab BPJS Ketenagakerjaan Bengkulu, Yosep Aris Daryanto.

Hal senada juga disampaikan pemerintah Kota diwakilkan oleh OPD yakni Lurah Sumber Jaya, Dra. Suzanna Erdawati bahwa program dari BPJS Ketenagakerjaan ini bagus dan masyarakat terbantu. Selama ini mereka tidak memahami asuransi yang aman. Dan khusus kepada masyarakat Sumber Jaya, sangat antusias untuk mendaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan dan juga membeli sembako murah yang dibantu dari BPJS Ketenagakerjaan lewat Dana TJSLnya.

“Kami apresiasi yang setinggi-tingginya kepada BPJS Ketenagakerjaan atas perhatian kepada warga Sumber Jaya yang mayoritas masyarakat nelayan terbantu dan mendapat edukasi asuransi, sehingga bisa ikut menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Kami imbau kepada warga Sumber Jaya dengan pekerjaan yang berisiko, yakni profesi nelayan dengan program BPJS Ketenagakerjaan ini sangat membantu sekali demi terjaminnya kelangsungan hidup keluarga mereka jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, “papar Lurah Sumber Jaya.

Rasa senang dan penuh kegembiraan ini tercermin diwajah masyarakat Kelurahan Sumber Jaya. Muhammad Huzen, warga Kelurahan Sumber Jaya mengatakan, dengan pasar murah ini mereka mendapat informasi dan mendapatkan sembako murah dari BPJS Ketenagakerjaan.

“Dengan Pasar Murah ini kami senang sekali. Hendaknya diteruskan kedepannya. Dengan profesi saya sebagai nelayan, ini sangat terbantu dalam mendapatkan perlindungan sosial dan ekonomi bagi keluarga dirumah jika terjadi risiko pekerjaan saya ini. Untuk bulan depannya akan saya teruskan dengan memilih yang iuran yang murah dahulu. Karena pekerjaan yang tidak menetap dan kondisi perekonomian yang susah sekarang ini,” pungkas Huzen.

Program Perlindungan Sosial Ekonomi dari BPJS Ketenagakerjaan ini merupakan program pemerintah. Hendaknya pemerintah daerah beserta OPD yang yang terkait dapat memberikan informasi dan mengimbau kepada masyarakat jangan terus menunggu bantuan pemerintah secara gratis terus yang mana solusi dari pemerintah dengan adanya BPJS Ketenagakerjaan akan menjawab semua kekhawatiran dan melindungi pekerja mandiri/ bukan penerima upah dalam menjalankan rutinitas pekerjaannya. Sehingga hal ini sebagai solusi bagi pemerintah untuk menekan tumbuhnya masyarakat miskin baru kedepannya.(Ae-4/PRW)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

twelve + eleven =