Dikbud Prov Berikan Penghargaan Pada Siswa Berprestasi

Dikbud Prov Berikan Penghargaan Pada Siswa Berprestasi

57
BERBAGI
ADIT/RBO: Kadis Dikbud Berikan penghrgaan kepada siswa berprestasi

5 Juara Nasional Diraih Pelajar Bengkulu

RBO, BENGKULU – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Bengkulu memberikan penghargaan berupa uang pembinaan kepada pelajar SMA/SMK yang berhasil meraih prestasi baik tingkat nasional maupun provinsi. Penghargaan yang diberikan berupa uang pembinaan.

Kepala Dikbud Provinsi Bengkulu Drs. Ade Erlangga, M.Si, mengatakan reward berupa uang pembinaan kepada para siswa ini adalah sebagai bentuk rangsangan saja, bukan soal nilai berapa rupiahnya.

Tujuannya agar mereka semangat ingin berpacu berprestasi. Selain itu ini adalah bukti kepedulian pemerintah daerah. Disisi lain, ada satu hal penting dari pemebrian penghargaan ini. Hal penting dan utama adalah penguatan mental model siswa. Dimana mereka ingin selalu berubah dan berprestasi.

“Itu yang perlu kita tekankan (mental model). Karena di zaman maju sekarang seperti ini para pelajar harus berlomab lomab mendapatkan suatu prestasi, prestasi itu diraih bukan karena hadiahnya namun karena ini berubah menjadi individu atau manusia yang maju. Mengenai pemberian penghargaan, ini adalah bukti bahwa pemerintah memperhatikan dan memperdulikan para siswanya yang telah berhasil mengukir prestasi. Selain itu juga dengan pemberian reward ini tujuannya adalah agar siswa/i SMA/SMK se provinsi Bengkulu semakin semangat untuk belajar,” jelasnya.

Disisi lain Ade menjelaskan, Pemprov memfasilitasi para siswa yang berprestasi. “yang ada bakat di bidang sains kita dorong merka, kita ikut sertakan dalam berbagai kompitisi. Kemudian yang berbakat bidang olahgraga, kita punya SKO (Sekolah Keberbakatan Olahrga) mereka bisa mendalami dan mengembangkan potensi diri disana. Setalh itu siswa yang memiliki jiwa seni, kita punya SMK khsusus kesenian yang bisa memperdalam ilmu mereka,” ujarnya.

Disisi lain, Kabid Pembinaan SMA Dikbud Provinsi Bengkulu R Wahyu Dp, MM, M.Si mengatakan tahun ini pelajar SMA/SMK provinsi Bengkulu cukup membanggakan. Merka dapat mengukir prestasi ditingkat nasional dengan menyabet 5 juara sekaligus.
Ada lima prestasi tingkat nasional yang berhasil diraih oleh pelajar asal Bumi Rafflesia. Pertama yakni juara 1 Nasional Karya Ilmiah Remaja yang berhasil diraih oleh SMAN 1 Bengkulu Selatan, kemudian juara 1 Desain Grafis tingkat nasional yang berhasil dimenangkan SMAN 1 Bengkulu Selatan, Ketiga juara 1 Kawah Kepemimpinan dari SMAN 2 Bengkulu Selatan, keempat juara 3 nasional Olimpiade Peniliti Siswa Indonesia juara 3 SMA IT Iqro dan terakhir kita juara 3 Design Fiksi Ilmiah Bidang Usaha lainnya dari SMAN 2 Bengkulu Selatan.

Pemberian reward kepada siswa/i berprestasi juga diberikan kepada para siswa yang berhasil mengukir prestasi pada kompitisi OSN,O2SN, FL2SN, LKS tingkat SMK dan peraih nilai tertinggi ujian nasional se provinsi Bengkulu. Total uang pembinaan yang diberikan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk para pelajar berprestasi ini hampir Rp 500 juta untuk dibagikan kepada 148 siswa/i berperstasi.

Pemberian penghargaan kepada siswa/i berprestasi dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu pada akhir tahun sengaja dilakukan. Tujuannya adalah agar seluruh pelajar provinsi Bengkulu dapat terlebih dahulu dapat mengikuti kompetisi ditingkat nasional.

Pemberian penghargaan kepada siswa/i berprestasi dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu pada akhir tahun sengaja dilakukan. Tujuannya adalah agar seluruh pelajar provinsi Bengkulu dapat terlebih dahulu dapat mengikuti kompetisi ditingkat nasional.

Dari bukti reward yang diberikan ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu meminta dan berpesan kepada seluruh siswa/i untuk terus semangat belajar dan berlomba lomba untuk meraih prestasi. “Anak-Anak teruslah belajar dan bersemangatlah mengukir prestasi. Yakinah bahwa prestasi yang akan kalian raih nantinya akan diberikan penghargaan oleh bapak Gubernur Bengkulu melalui Dinas Pendidikan. Dan tahun depan telah kita siapkan reward berupa uang bagi siswa/i yang berprestasi,” jelasnya. (ae2)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

14 + 9 =