Pemilihan Ketua Komisi, Dewan Kota Jangan Terpecah

Pemilihan Ketua Komisi, Dewan Kota Jangan Terpecah

213
BERBAGI
Ketua DPRD Kota Bengkulu - Erna Sari Dewi

Erna: Hak PAN Ganti Pimpinan

RBO, BENGKULU – Pergantian masa kepemimpinan ketua Komisi di DPRD Kota Bengkulu akan segera berlangsung. Sesuai kesepakatan bersama, masa jabatan ketua komisi hanya berlangsung selama 2 tahun 6 bulan saja.

Disampaikan Ketua DPRD Kota Bengkulu, Erna Sari Dewi, SE bahwa benar sesuai dengan tata tertip dewan, jabatan ketua komisi, anggota komisi atau kelengkapan dewan, minimal sedikit-dikitnya 2,5 tahun harus berganti.

“Jika tak salah sekira bulan Maret ini mulai berlangsung proses pemilihan ketua komisi yang baru. Ya semoga tidak ada konflik, sebab yang dipilih tentu dapat memimpin dan mewakili aspirasi masing masing fraksi. Jangan hanya karena pemilihan ketua komisi maka terjadi perpecahan, kita harus kompak, karena kita wakil rakyat,” sampai Dia beberapa waktu lalu.

Dibenarkan pula oleh Dia bahwa teknis pelaksanaannya akan diawali dengan, unsur pimpinan menyurati fraksi-fraksi untuk menyerahkan nama yang bakal mengisi jabatan ketua komisi dan alat kelengkapan dewan yang lain.

“Ya prosesnya melalui pemilihan suara terbanyak. Untuk ketua komisi tidak harus dari fraksi yang sama tapi bisa berubah dari fraksi lain sesuai dengan hasil rapat komisi. Bahkan bukan tidak mungkin, seseorang yang saat ini jabat ketua komisi, akan tetap dipilih lagi,” tutup Dia.

Untuk diketahui, saat ini Komisi I DPRD Kota dipimpin oleh Hj Maghdaliansi, MH dari fraksi Golongan Karya, lalu Komisi II dipercayakan kepada Suimi Fales, MH dari fraksi gabungan, dan Komisi III dipegang oleh Mardensi dari fraksi Golongan Karya. Kemudian ketua Badan Legislasi masih diamanatkan kepada Kusmito, MH. Jika proses pergantian berlangsung, nama nama itu bisa saja berganti dengan nama dewan lainnya.

Lalu soal kabar akan ada pergantian unsur pimpinan, Erna enggan berkomentar terlalu jauh. Hanya saja, dia mengakui mendengar kabar akan digantikannya Teuku Zulkarnain SE dari jabatannya sebagai Wakil Ketua II DPRD Kota. Kabar berhembus, sosok Kusmito Gunawan, MH akan dipercaya menjadi salah satu unsur pimpinan DPRD Kota.

“Soal ganti pimpinan atau waka II, itu hak sepenuhnya dari partai yang bersangkutan (PAN,red). Kami dari pimpinan tidak bisa mencampuri, terserah Partai mau pilih siapa pengggantinya. Nanti teknis, setelah ada yang ditunjuk, kita akan gelar paripurna dan pelantikan. Namun secara pribadi saya nilai, Teuku cukup handal dalam memegang amanah sebagai waka, dan kenapa harus diganti,” tutup Dia. (lay)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

fifteen + 17 =