Dukung Visit Bengkulu 2020, Dispendikbudprov Gelar 2 Event Nasional

Dukung Visit Bengkulu 2020, Dispendikbudprov Gelar 2 Event Nasional

251
BERBAGI
Plt-Kepala-Dinas-Pendidikan-Provinsi-Bengkulu-Ade-Erlangga, M.Si

RBO, BENGKULU – Komitmen guna memajukan dan mendorong pariwisata di bumi Rafflesia, sejak beberapa bulan terakhir mulai dimatangkan oleh sebagian besar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemda Provinsi Bengkulu.

Seperti halnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi (Dispendikbudprov) Bengkulu di tahun 2017 akan menggelar 2 event besar bertaraf nasional dan tentunya akan menarik perhatian wisatawan luar daerah, bahkan wisatawan mancanegara.

Sementara itu, Plt Kadispendikprov Provinsi Bengkulu Drs.Ade Erlangga,M.Si menjelaskan, ada 2 agenda nasional yang menunjuk Bengkulu sebagai tuan rumah, yaitu pelaksanaan acara Lawatan Sejarah Nasional (Lasenas) ke-14 yang akan digelar pada tanggal 15–17 Mei 2017. Sementara itu, pada tanggal 9–15 Juli 2017 mendatang akan digelar acara Pertemuan Apresiasi Nasional Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) 2017.

Ditambahkan dia, terkait keterbatasan OPD yang dipimpinnya, pelaksanaan 2 agenda nasional ini tentunya akan melibatkan OPD lain. Diantaranya, Dinas Perhubungan, Dinas Pariwisata, Dinas Pertanian serta beberapa Biro Setda Provinsi.

“Tentunya kita tidak sendiri, kita akan melibatkan OPD teknis lainnya, secara keroyokan maksudnya,” tegasnya.

Sementara itu, untuk jangka panjang, guna mendukung program Visit 2020 Wonderful Bengkulu, pihaknya juga akan bersinergi dengan SMK Kepariwisataan, Tata boga, Pelayaran, Perdagangan, Pertanian serta Unit Pelayanan Terpadu Daerah (UPTD) situs–situs sejarah di seluruh kabupaten/kota Se-Provinsi Bengkulu.

“Seperti SMK Kepariwisataan, kita akan menjadikan anak didiknya ada yang bertugas sebagai Tour Guide atau Pemandu Wisata,” bebernya.

Ditambahkan, guna mematangkan pelaksanaan Lasenas ke-14, diketahui Dikbud Provinsi Bengkulu telah melakukan koordinasi lanjutan dengan Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI, salah satunya dalam penulisan tempat–tempat bersejarah Bengkulu yang belum terekspos. Sementara untuk persiapan Apresiasi Nasional GTK PAUD 2017, Dikbud Provinsi telah beberapa kali melakukan rapat koordinasi bersama OPD teknis.

Disisi lain, pelaksanaan Lasenas ke-14 di prediksi bakal mendatangkan siswa dan guru pendamping sekitar minimal 500 orang. Sedangkan untuk pelaksanaan GTK PAUD 2017 akan dihadiri oleh lebih dari 2.000 orang. Terdiri dari guru PAUD dan tim pendamping se-Indonesia. (ags)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

1 + 3 =