MAN 1 Adakan Simulasi UNBK untuk Pertama Kali

MAN 1 Adakan Simulasi UNBK untuk Pertama Kali

168
BERBAGI
Fahmi/RBO; Kakan Kemenag Kota Dr.H.Muklisudin,SH.MH dan GM Rakyat Bengkulu, Pihan Pino bersama Kepala MAN 1 Drs.H.Thamrin,M.Ag dan Waka Kesiswaan Hendri Kuswiran,M.Pd memantau kesiapan kegiatan simulasi UNBK.

 

RBO, BENGKULU – Bentuk keseriusan yang dilakukan oleh MAN 1 Model Kota Bengkulu,tahun ini pihak Madrasah akan mengelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk pertama kalinya di Provinsi Bengkulu. Sebab, dari Kementerian Agama Republik Indonesia, MAN 1 terpilih dan terdaftar satu –satunya sekolah Madrasah untuk melakukan UNBK dan menjadi percontohan madrasah, yang lain nantinya. Untuk itu Kepala MAN 1 Drs.H.Thamrin,M.Ag akan melaksanakan simulasi UNBK pada hari ini, Senin 20 Februari selama dua hari.

Dari kegiatan simulasi nanti, “Kita akan mempraktikkan kegiatan Ujian seperti biasanya dan langsung diawasi secara ketat. Sehingga siswa –siswi tidak akan canggung untuk menghadapi UNBK yang sebenarnya nantinya,’’ ungkap Thamrin.

Dari kesiapan yang sudah ada, MAN 1 telah menyiapkan empat ruang. Masing –masing ruang disiapkan satu server untuk melayani 32 klien atau laptop yang ada untuk anak – anak ujian nantinya.

Thamrin pun sudah mengusahakan agar ini bisa terlaksana dan langsung bekerja sama dengan pihak Telkom. Sehingga pada saat pelaksanaan UNBK nanti tidak ada terganggu masalah jaringan.

Untuk itu MAN 1 menyediakan sistem jaringan yang cukup bagus dan mempunyai kapasitas yang besar sebesar 10 NBPS. Yaitu jaringan astinet. Sehingga dalam pelaksanaan nantinya bisa berjalan sukses dan tidak ada kendala masalah jaringan pada saat UNBK yang sebenarnya nanti digelar. Seperti sinyal lemah, lemot dan sebagainya.

Sehingga seluruh siswa yang mengikuti ujian nanti sebanyak 373 mampu menyelesaikan soal ujian yang ada tepat pada waktunya.

Seluruh siswa dalam mengikuti simulasi UNBK ini hanya perlu mempersiapkan diri saja dan mampu mengoperasikan laptop agar pada saat ujian tidak terjadi kesalahan. Dalam hal ini untuk kelancaran Ujian nanti pihak madrasah sudah langsung berkoordinasi dengan seluruh wali murid agar meminjamkan laptop kepada anak –anaknya untuk melaksanakan ujian nantinya. Dengan konsekuensi apabila ada hal yang terjadi pada peminjaman laptop itu pihak madrasah akan bertanggung jawab sepenuhnya. ‘’Sekarang seluruh laptop sudah disusun di ruangan dan dipasang pada jaringan yang ada.

“Dalam kegiatan simulasi UNBK, anak –anak akan diuji dalam beberapa mata pelajaran saja sesuai dengan minat dan keinginan. Contoh, ‘’Apabila anak –anak kita menyukai fisiska,ataupun matimatika, maka pelajaran itu saja yang akan diuji. Sehingga tidak semua mata pelajaran yang ada diujikan kepada anak,”ungkap Thamrin.

Disisi lain, Waka Kesiswaan, Hendri Kuswiran sangat bangga kepada MAN 1 Kota Bengkulu karena sudah terpilih menjadi satu – satunya Madrasah yang mengikuti UNBK yang pertama kali.

Untuk itu, seluruh siswa agar nantinya jangan merasa gugup pada saat pelaksanaan UNBK yang sebenarnaya. Pihak sekolahpun sudah menyurati pihak PLN untuk tidak mematikan lampu pada saat simulasi berlangsung nantinya. (sir1/yar)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

1 × one =