Sukses Tingkatkan Partisipasi Pemilih

Sukses Tingkatkan Partisipasi Pemilih

110
BERBAGI
BJ Kaneli

RBO, BENTENG – Menurunya antusias warga dalam percaturan politik yang berimbas pada kejenuhan warga pemilih dalam aktivitas Pemilu menjadi tantangan bagi komisioner KPU Benteng, BJ Karneli untuk meningkatkannya kembali. Berkat kerja keras dan curahan pemikirannya, akhirnya kejenuhan dan pesimisme warga terhadap dunia politik bisa dikikis. Alhasil, dalam Pilbup 15 Februari partisipasi masyarakat Benteng mencapai angka 73%.

“Jika berkaca pada Pilleg dan Pilgub, sepertinya warga sudah apatis terhadap politik. Seperti ada kejenuhan. Sehingga warga enggan mendatangi TPS dan memberikan hak suaranya dalam hajatan demokrasi itu. Sebab itulah, saya berpikir keras bagaimana supaya pesimisme warga ini terhadap politik bisa menjadi optimis,” ungkapnya.

Mantan Ketua Panwaslu Benteng ini juga menjelaskan, selain mencari terobosan yang partisipasif dalam sosialisasi, ia juga melibatkan banyak kalangan. Seperti tokoh perempuan, pemuda, agama dan tokoh masyarakat. Sosialisasi mengenai peran penting dalam partisipasi juga ia lakukan dalam komunitas-komunitas, sehingga informasi yang disampaikan juga lebih mengena.

“Komunitas, simpul massa dan tokoh-tokoh menjadi patner kami dalam sosialisasi. Alhamdulillah pesimisme warga itu menjadi optimis, sehingga pada Pilbup ini partisipasi kita menjadi naik 20%. Bahkan partisipasi perempuan naik sangat drastis,” ujar Karneli yang juga mantan Ketua Dewan Mesjid Indonesia Cabang Benteng ini.

Dia berharap ke depan partisipasi masyarakat akan semakin tinggi, mengingat hanya lewat saluran politiklah apa yang menjadi aspirasi pemilih bisa disalurkan dengan cepat. Bahkan warga pemilih juga lebih mudah dalam menyampaikan keluhan. Bahkan kebutuhan pada pemimpin yang dipilihnya.

“Demokrasi yang kita anut memberi ruang untuk itu. Adanya peluang ini harusnya dimanfaatkan oleh warga,” ujar Karneli. (tan)

BERBAGI:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY