Wisata Air Panas Pelangkian

Wisata Air Panas Pelangkian

429
BERBAGI
Potensi Wisata Kepahiang

RBO, KEPAHIANG – Salah satu potensi wisata andalan di Kabupaten Kepahiang ada air panas yang berada tak jauh dari pusat perkotaan. Lokasi sumber air panas dapat dikelola Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) untuk diorbitkan sebagai area wisata bagi masyarakat lokal dan wisatawan asing.

Salah satunya Air Panas Desa Pelangkian yang tak terlalu jauh dari pusat kota, dengan lokasi lahan sangat luas tentunya sangat mendukung sebagai arena bersantai keluarga.

“Untuk sumber air panas yang tahun ini mulai kita bangun itu air panas pelangkian,” ungkap Plt Kadis Parpora Drs HM Holil

Holil menuturkan bila potensi wisata Air Panas diyaniki dapat menjadi salah satu sumber pendapatan asli daerah (PAD) mengingatkan antusias masyarakat untuk mandi di kolam air panas sangat tinggi. Bahkan setia liburan dan akhir pekan masyarakat secara berombongan mendatangi kolam air panas di Curup Rejang Lebong.

“Bayangkan saja dengan kondisi air panas yang sempit saja dan hanya satu banyak masyarak rela datang jauh-jauh. Bagaimana dengan Kepahiang yang memiliki wisata Air panas bukan hanya satu titik,” ujar Holil.

Menurutnya selain Desa Pelangkian sumber Air Panas juga ada di Desa Taba Padang Kecamatan Seberang Musi lalu ada di kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Bukit Hitam Kecamatan Kabawetan.

“Semua sumber air panas itu bisa dibangun sebagai wisata kolam air panas,” tuturnya.

Dikatakannya saat ini sudah mendapatkan restu untuk melakukan pembebasan lahan Air Panas Desa Pelangkian, sehingga objek wisata tersebut nantinya dapat diajukan sertifikat ke Badan Pertanahan Nasional supaya Disparpora memiliki alas hak yang jelas untuk melakukan pembangunan disekitar lokasi sumber air panas.

“Kalau sekarang belum dapat melakukan pembangunan karena memang belum ada kejelasan status lahannya,” sebut Holil. (izu)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

fourteen − six =