Warga Mengeluh Soal e-Samsat

Warga Mengeluh Soal e-Samsat

BERBAGI
Ronal/RBO: Direktur Direktorat Lalulintas Polda Bengkulu Kombes Pol Drs Eko Krismanto

RBO, BENGKULU – Ada keluhan pasca dikeluarkan program baru e-Samsat yang memudahkan para kendaran pembayaran pajak melalui online pada Desember 2016 lalu. Hal ini dikarenakan pembayaran hanya melalui lewat satu Bank.

Direktur Direktorat Lalulintas Polda Bengkulu Kombes Pol Drs Eko Krismanto didampingi Kasubdit Regident AKBP Yayat Ruhiyat SIk, mengatakan keluhan dikarenakan pembayaran hanya melalui satu Bank. “Memang sekarang ini e-Samsat kita usahakan bisa menyebar ke Kabupaten di Bengkulu ini. Kita masih banyak kendala terkait e- Samsat ini, karena bayar hanya melalui satu Bank,” terangnya Selasa (21/02) kemarin.

Tetapi, ia menjelaskan, dalam waktu dekat ini pihaknya akan kembali berkoordinasi kepada stekholder lainnya mengenai penambahan bank sebagai mitra dalam pembayaran E Samsat nantinya, sehingga masyarakat bisa banyak memilih bank mana yang akan menjadi tempat pembayaran E Samsat tersebut dan bukan hanya satu Bank saja.

“Kita akan berupaya agar ada kerjasama dengan bank lainnya, seperti Bank BRI atau BNI nantinya sehingga pelayanan ini nantinya bisa maksimal,” ucapnya.

Lanju Eko, selain program pelayanan E Samsat yang telah diluncurkan, pihaknya juga sudah meluncurkan pelayanan SIM Online meskipun secara Nasional baru Polres Kota Bengkulu yang baru bisa melaksanakannya.

“Memang secara Nasional baru Polres Kota Bengkulu yang bisa menggelar SIM Online, untuk setiap Kabupaten daerah memang belum bisa, hal tersebut berbeda dengan e-Samsat yang sudah bisa dilakukan di setiap Kota/Kabupaten di Provinsi Bengkulu,” tuturnya.

Ditambahkannya, selain E Samsat dan SIM Online, pihaknya juga sudah menerapkan pelayanan lain yaitu pengurusan balik nama atau cabut berkas (Mutasi) yang hanya berlangsung satu hari dan tidak memakan waktu hingga berhari-hari dan sistem tersebut memang harus melalui beberapa proses tahapan yang harus dilengkapi masyarakat dalam mengurus balik nama atau cabut berkas tersebut nantinya.

“Disini yang kita rubah adalah proses administrasinya, jika yang dulu pencarian berkas terbilang lama kalau saat ini cukup satu hari dan pengurusannya pun tidak ribet cukup datang ke samsat dengan membawa persyaratan mutasi yang diperlukan,” imbuhnya. (cw5)

BERBAGI:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

10 − five =