Iskandar ZO, Ricky Gunarwan dan Eris Taufani, Cukup Syarat Untuk Jadi Sekdaprov

Iskandar ZO, Ricky Gunarwan dan Eris Taufani, Cukup Syarat Untuk Jadi Sekdaprov

319
BERBAGI

RBO, BENGKULU – Dari data yang di terima Jurnalis, sementara ini ada tiga nama pejabat setingkat eselon II yang sudah memenuhi syarat untuk menjadi Sekda Provinsi Bengkulu. Mereka adalah; Iskandar ZO , Ir. Ricky Gunarwan dan Eris Toufani. Ketiga Nama tersebut telah layak menjadi sekda dan sudah cukup syarat tinggal tergantung mereka lagi apakah mereka mau atau tidak untuk ikut.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Dodi Riatmadji saat dihubungi melalui telepon mengatakan pihaknya meminta agar pemerintah Provinsi Bengkulu mengusulkan nama calon sekda karena hingga sekarang ini, Provinsi Bengkulu sudah hampir 2 belum mempunyai sekda Defenitif. “Silahkan diusulkan dulu, karena melalui timsel, dan kami memang menunggu itu,” ujar dia.

Mengenai syaratnya, harus sudah eslon II dan sudah mengikuti Diklatpim II serta tidak sedang berurusan dengan hukum dan berbagai syarat lainya. “Kalau syaratnya umum, dan minimal sudah mengikuti Diklatpim II dan saya kira ada pejabat di Provinsi Bengkulu yang memenuhi syarat, makanya kami menunggu untuk nama-nama itu,” ujar dia.

Saat ini, seleksi jabatan Sekda Provinsi dipastikan kembali diulang, setelah hasil seleksi sebelumnya ditolak oleh Gubernur Dr.H.Ridwan Mukti,MH dikarenakan dibawah standar eselon II Pemprov.

Plt Sekda Provinsi Drs.Ir.Sudoto,M,Pd mengatakan pihaknya telah mengelar rapat persiapan seleksi calon sekda, dan diamanatkan kepada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) untuk mempersiapkan admistrasinya.

“BKD yang mempersiapkan admistrasinya, dan nanti ada konsultasi ke Mendagri daerah lain juga seperti ini,” kata dia.

Drs.Ari Nasyah membenarkan kalau rapat tertutup di ruangan Raflesia lantai 2 Kantor Gubernur adalah rapat pembahasan seleksi calon Sekda. Yang dipimpin langsung oleh Plt Sekda, Kepala BKD,Inspektorat dan OPD yang lainnya.

“Tadi rapat persiapan saja. Itu yang dibahas, kita akan konsultasi dengan Mendagri, Menpan dan Komisi ASN. Dari mendagri syarat harus Sespim 2, tapi ada persyaratan yang lain dan banyak dan harus memenuhi ketentuan dari UU ASN No 5 tahun 2014,” jelas dia.

Oada prinsipnya seleksi pejabat pratama Sekda, lebih cepat lebih bagus, namun harus dimatangkan dulu persiapannya. Jangan sampai tergesah-gesah meningat seleksi tersebut merupakan seleksi jabatan tertinggi bagi ASN.

“Kita harus matangkan dulu persiapannya, tidak bisa gegabah,” kata dia.

Appakah pansel yang lama yang diketuai oleh Rektor Unib Dr.H.Ridwan Nurazi,MSc akan dipakai lagi, Ari Nasyah menjawab tidak tahu. Sebab akan meminta arahan dari Mendagri dan Menpan terlebih dahulu.

“Hasil dari rapat itu persiapan saja, dan belum ada pembubaran tim sel yang lama, atau pembentukan timsel yang baru atau kapan jadwalnya belum tahu. Kita belum tahu apakah dibolehkan pakai timsel yang lama. Kalau dibolehkan kita pakai yang lama. Kita persiapkan dengan sematang-matangnya,” Singkat dia. (hcr)

BERBAGI:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY