Terkendala Internet, Ribuan e-KTP Tak Bisa Dicetak

Terkendala Internet, Ribuan e-KTP Tak Bisa Dicetak

168
BERBAGI
Ilustrasi e-KTP

RBO, BENTENG – Terkendala jaringan internet menyebabkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) kesulitan mencetak fisik ribuan e-KTP warga yang sudah melakukan perekaman. Sinyal internet dari Dukcapil sangat lemah untuk terhubung dengan server e-KTP di Kemendagri.

Kabid Pendataan Kependudukan Dinas Dukcapil Benteng, Adnan Kasidi, S.Sos menerangkan di kantor baru yang berada di Renah Semanek pihaknya kesulitan menghubungkan jaringan ke server. Bahkan untuk 1 fisik e-KTP saja membutuhkan waktu berjam-jam. Dia juga menerangkan bila hingga saat ini sudah ada sekitar 3 ribu data e-KTP yang siap cetak namun terhambat oleh jaringan internet.

“Kalau yang merekam sudah ada 3 ribu lebih, namun fisiknya belum bisa dicetak. Kami sudah berusaha namun karena terkendala jaringan maka satu-satunya jalan keluarnya adalah menambah kapasitas jaringan internet, sehingga koneksi bisa lebih cepat,” ungkapnya.

Dia juga berharap penambahan kapasitas jaringan internet itu bisa dilakukan segera, mengingat jumlah masyarakat yang merekam terus bertambah. Menurutnya bila fisik e-KTP tak juga kunjung selesai maka kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan prima juga akan menurun.

“Bagaimana disebut pelayanan prima jika kita tidak bisa memenuhi kepuasan masyarakat dalam pelayanan, sebab itu kami berharap ada perhatian dari perencanaan pembangunan daerah. Kami harap, jaringan yang dipakai tak lagi menggunakan jaringan kabel, namun sudah bisa menggunakan koneksi satelit, mengingat perkantoran Benteng berada jauh dari jaringan Telkom,” ulasnya.(tan)

BERBAGI:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY