Tiga Aset Daerah Mukomuko Hilang

Tiga Aset Daerah Mukomuko Hilang

168
BERBAGI

RBO, MUKOMUKO – Bidang Aset Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Mukomuko mencatat, terhitung awal 2016 sampai 2017, sebanyak tiga aset Daerah hilang karena dicuri. Hal ini disampaikan Plt Kepala BKD Kabupaten Mukomuko, Agus Sumarman, MM., Kamis (23/2) diruang kerjanya.

Dikatakannya, aset-aset yang hilang yakni satu unit Mobil Dinas (Mobnas) jenis Toyota Innova yang digunakan Puskesmas Air Dikit hilang pada tahun 2016. Kemudian Alat Rekam e-KTP di Kecamatan Air Dikit hilang tahun 2016 dan satu unit Mobnas jenis Maven yang digunakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa hilang beberapa waktu lalu.

“Cuman tiga itu aset hilang yang dilaporkan ke Bidang Aset,” katanya.

Aset-aset daerah yang hilang tersebut, lanjutnya, belum dihapus dari daftar inventaris aset Daerah Mukomuko karena masih menunggu kepastian dari barang-barang itu. Namun aset itu dimasukan dalam daftar aset lainya. Artinya, aset tersebut dianggap tidak memiliki nilai.

“Kalau kita masukan ke daftar aset Mobnas atau aset non bergerak lain, akan mengganggu neraca nilai aset yang kita miliki sekarang. Aset yang hilang sementara kita masukan ke daftar item aset lainnya dalam artian nilainya sudah tidak ada sembari menunggu kepastian keberadaan barang tersebut. Karena tidak mudah menghapus suatu barang dari daftar aset,” jelasnya.

Selain itu, ia menyampaikan, saat ini, pihaknya sedang melakukan pendataan seluruh aset Kabupaten Mukomuko, baik benda bergerak maupun non bergerak. Tujuannya, agar tercipta tertib aset.

“Dengan SPOK baru kan ada beberapa aset yang berpindah dari satu Dinas ke Dinas lain. Nah, itu kita data kembali agar lebih tertib administrasi. Termasuk kita mendata mana aset yang sudah tidak digunakan lagi tapi masih punya nilai ekonomi. Nanti akan dilelang atau tidak tergantung keputusan dan jika ada aset tidak terpakai dan tidak memiliki nilai ekonomi akan dimusnahkan kemudian dihapus dari daftar aset kita,” demikian Agus. (sam)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

3 × 5 =