Bengkulu Selatan – Enggano Lebih Dekat

Bengkulu Selatan – Enggano Lebih Dekat

235
BERBAGI
Pelabuhan Kahyapuh Enggano

50 Persen Jaraknya di Pangkas

RBO, BENGKULU – Wakil Gubernur Bengkulu, Dr. drh. H. Rohidin Mersyah, MMA mengatakan, Muara Sungai Air Pino, wilayah pantai Mangkudun Kabupaten Bengkulu Selatan yang berpotensi dijadikan pelabuhan penyangga.

Bila rencana pembangunan pelabuhan penyangga ini direalisasikan, maka akan memangkas jarak tempuh menuju Enggano.

“Selama ini jaraknya 12 Jam perjalanan dengan menggunakan kapal feri, kalau melalui pelabuhan penyangga nantinya dapat dipangkas menjadi hanya 5-6 jam saja, artinya ada 50 persen jarak yang dipangkas,” ujar Rohidin kepada jurnalis.

Dikatakan dia, Selama ini warga pulau Enggano Kabupaten Bengkulu Utara, harus menempuh waktu selama lebih kurang 12 jam untuk menempuh daratan menuju ibukota Provinsi Bengkulu.

“Kalau dari pulau Enggano menuju Pulau Baai membutuhkan waktu perjalanan hingga 12 jam, namun jika mendarat ke Bengkulu Selatan hanya membutuhkan waktu 5 hingga 6 jam perjalanan saja, begitu juga sebaliknya,” kata Rohidin.

Rohidin bersama Dinas Perhubungan sudah meninjau lokasi yang dimaksud untuk pelabuhan penyangga tersebut, apalagi potensinya sangat bagus, karena kiri dan kanan muara sungai terhalang bukit batuan cadas.

“Posisi air di muara juga tenang, lebar dan dalam. Kemudian dalam kondisi cuaca buruk sekalipun, arah arus terdorong merapat ke muara. Berbeda dengan arus di Pulau Baai yang cenderung melawan arus,” sampai dia. (hcr)

Lebih Lengkapnya baca HARIAN RADAR BENGKULU EDISI CETAK 3 MARET 2017

BERBAGI:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY