Produksi Ikan Tangkap Mukomuko Terancam Merosot

Produksi Ikan Tangkap Mukomuko Terancam Merosot

BERBAGI
ist/rbo; ikan tongkol

RBO, MUKOMUKO – Sektor perikanan tangkap di Kabupaten Mukomuko terancam mengalami kemerosotan jika tidak segera mendapatkan perhatian dari Pemerintah Daerah setempat. Hal tersebut disampaikan Kabid Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Mukomuko, Rahmad Hidayat, S.Pi. saat ditemui RBI, Rabu (01/03).

Ia menyampaikan, sektor perikanan tangkap di daerah tersebut sudah sangat mengkhawatirkan. Baik ditinjau dari kondisi geografis dan arah kebijakan pemerintah daerah setempat. “Saat ini nelayan-nelayan di daerah tersebut sudah beralih ke penggunaan kapal dan alat tangkap yang lebih modern,” sampai dia.

Alasannya, sumber daya ikan di kawasan tangkap nelayan tradisional ini sudah sangat minim karena kondisi geografis yang tidak memiliki pulau-pulau dan karang.

“Kondisi laut disini tidak ada karang dan pulau untuk tempat pemijahan dan rumah ikan-ikan. Jadi, yang selama ini ditangkap oleh nelayan tradisional itu adalah ikan-ikan yang lewat saja. Seperti Pelagis dan Dermarsal. ‘’Tapi kalau nelayan menangkap 2 sampai 4 mil lebih jauh, saya rasa potensi sumber dayanya masih sangat besar,” ujarnya. (SAM)

Untuk lebih lengkapnya BACA RADAR BENGKULU EDISI CETAK 3 MARET 2017

BERBAGI:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

nineteen + eight =