TKA Wajib Transferkan Ilmu ke Pekerja Lokal

TKA Wajib Transferkan Ilmu ke Pekerja Lokal

66
BERBAGI

 

Raharjo: Tiap Tahun TKA Mesti Berkurang

RBO, BENGKULU – Jika mengacu pada Undang-Undang dan Perda Izin Mempekerjakan Tenaga Asing (IMTA) maka para Tenaga Kerja Asing (TKA) wajib mentransferkan ilmu keahliannya pada para tenaga kerja lokal.

“Jadi untuk mempekerjakan TKA itu, klasifikasinya TKA tersebut harus mempunyai keahlian khusus di bidang tertentu yang memang belum ada di Bengkulu, dan saat bekerja untuk perusahaan di Bengkulu TKA tersebut harus didampingi oleh tenaga kerja lokal, sehingga yang mendampinginya nanti setidaknya juga bisa mengerjakan sesuai keahlian yang di transferkan oleh TKA tersebut,” ungkap anggota komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu, Raharjo Sudiro S.Sos saat ditemui, kemarin (6/3).

Jadi dalam mempekerjakan TKA itu, minimal dalam satu tahun, sudah ada tenaga kerja lokal yang mampu menguasai keahlian yang sama. “Sehingga kedepan, kita bisa memberdayakan tenaga kerja lokal untuk keahlian khusus tersebut,” tambahnya.

Kemudian setiap tahunnya, semestinya jumlah TKA yang ada di daerah bisa berkurang, bukan malah bertambah.

“Jadi target kita jumlah TKA itu setiap tahunnya berkurang, bukan malah bertambah. Misal dalam satu perusahaan Batu Bara itu ada sebanyak 50 orang TKA. Nah 50 orang itu apa saja kerjanya, kalau bisa dikerjakan oleh tenaga kerja lokal, kenapa harus menggunakan tenaga kerja asing? Dan kita pun harus tegas dalam menyikapi persoalan TKA ini, jangan sampai tenaga kerja kita di daerah pekerja lokal ini banyak yang menganggur sementara pihak-pihak perusahaan yang ada di Bengkulu lebih banyak mempekerjakan tenaga asing,” tegas politisi Golkar tersebut.(idn)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

11 + four =