Edi H: Lalulintas Pelabuhan Lancar, Daerah Cepat Maju

Edi H: Lalulintas Pelabuhan Lancar, Daerah Cepat Maju

68
BERBAGI
Edi Hariayanto, SE, MM

RBO, BENGKULU – Sebagai pengusaha yang memanfaatkan pelabuhan untuk menjalankan usahanya, Edi Hariyanto berharap pemerintah melalui para pihak yang berwenang untuk memaksimalkan pengerukan alur pelabuhan Pulau Baai agar tidak mengganggu aktivitas bongkar muat di pelabuhan.

Sebagai Pimpinan Cabang PT. Haluan Segara Line Edi Hariyanto pihaknya telah mencoba untuk memaksimalkan pelabuhan sebagai sarana angkut kendaraan, utamanya kendaraan.

“Dulu kami pernah menggunakan pelabuhan untuk mengangkut ratusan unit kendaraan milik Toyota, dan itu berjalan selama tiga atau empat bulan, namun karena alur yang dangkal sehingga menyebabkan kapal jenis Roro sulit untuk merapat. Sehingga usaha tersebut dihentikan,” ujar dia kepada jurnalis.

Padahal jika memanfaatkan pelabuhan sebagai salah satu pintuk masuk suatu daerah, maka daerah tersebut cepat maju, namun fasilitas di pelabuhan harus dimaksimalkan dan jangan sampai tersendat akibat pendangkalan dan sendimentasi di alur masuk pelabuhan. “Angkutan yang paling murah dan memiliki risiko yang kecil ya pelabuhan ini,” ujar dia.

Oleh karenanya kepada pemerintah melalui para pihak atau operator pelabuhan untuk benar-benar memaksimal pelabuhan tersebut. “Apalagi program Presiden Joko Widodo yang ingin memaksimalkan jalur laut dengan program kemaritimanya, sudah saatnya seluruh komponen di Pelabuhan Pulau Baai berbenah dan ikut dalam rangka mensukseskan program tersebut,” sampai dia.

Sementara itu General Manager PT. Pelindo II Cabang Bengkulu Drajat Sulistio belum lama ini mengakui jika fasilitas yang dimiliki di pelabuhan masih sangat kurang oleh karenanya pihaknya sedang memaksimalkan program untuk memenuhi kekurangan fasilitas tersebut.

“Kami akui masih banyak fasilitas di pelabuhan yang kurang, misalnya terminal Live Stok, terminal CPO, Terminal Mobil baru, dan batubara,” ujar dia.

Pada 2017 ini beberapa point di atas akan dipenuhi untuk memaksimalkan fungsi pelabuhan agar kemajuan daerah semakin cepat dicapai.

“Kami siap membantu pemerintah Provinsi Bengkulu untuk menyediakan fasilitas bagi bergeraknya kawasan ekonomi baru, sehingga akan mendorongnya menjadi kawasan industri,” sampai dia.

Kedepan diharapkan ekspor Batubara, CPO dan bahan pertanian bisa langsung melalui pelabuhan pulau baai menuju luar negeri, tanpa melalui pelabuhan terdekat lainnya.

“Kami berkomitmen untuk itu dan kami juga terus memaksimalkan program untuk menyediakan fasilitas bagi bergeraknya ekonomi maritim,” tutup dia. (hcr)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

fifteen − fifteen =