Hmmm…58 Koperasi Kota Bengkulu Dibubarkan Kemenkop

Hmmm…58 Koperasi Kota Bengkulu Dibubarkan Kemenkop

BERBAGI
PUTRA/RBO: Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bengkulu Drs.Eddyson

830 Terus Dipantau

RBO, BENGKULU – Hmmm! Kementerian Koperasi dan UMKM RI melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Bengkulu membubarkan 58 koperasi yang berada di kota Bengkulu. Penyebabnya pasti karena tak mau berjalan sesuai aturan.

“Pembubaran ini sesuai dengan surat Kementerian Koperasi dan UMKM RI, nomor 244/Dep.1/XII/2016, mengenai penyampaian surat keputusan pembubaran koperasi tidak aktif dalam rangka pendataan dan penataan Koperasi,” ujar Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bengkulu Drs.Eddyson, saat ditemui di ruangan kerjanya, Kamis(9/3).

Hal ini dilakukan Kemeterian Koperasi dan UMKM RI, lantaran koperasi yang ada di Kota Bengkulu tersebut tidak pernah melakukan rapat tahunan dan tidak menjalani prinsip-prinsip Koperasi.

“Ini benar dimana sebelunya data dari kita sendiri (red- Dinas Koperasi dan UMKM kota) sebelumya telah menyampaikan 48 data koperasi yang bermasalah sehingga akan terdampak pada pencabutan SK koperasi. Namun dari surat yang kita terima dari Kementerian ada 58, jadi bertambah 10 koperasi dari data yang kita kirimkan,” Bebernya.

Untuk saat ini ada 888 koperasi yang terdaftar di Dinas Koperasi dan UMKM kota. ”Kita mendata koperasi yang tidak melakukan rapat anggota. Bila koperasi tersebut tidak mengikuti RAT 2 tahun berturut-turut maka bubar,” bebarnya.

Selain itu juga Eddyson juga menjelaskan 58 koperasi ini baru tahap awal. Dan akan ada tahap berikutnya pencabutan SK koperasi sehingga tidak bisa beroperasi.

“Lebih baik kita memiliki sedikit koperasi dan memiliki azaz manfaat untuk masyarakat kota,” demikian. (ae3/rsm)

BERBAGI:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

four + three =