Tahun Ini Kades Dan Lurah Dapat Motor Dinas

Tahun Ini Kades Dan Lurah Dapat Motor Dinas

126
BERBAGI
Ilustrasi

RBO, CURUP – Kabar gembira bagi para pejabat Pemerintahan Desa dan Kelurahan di Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. Pasalnya dalam waktu dekat ini para Kepala Desa dan Lurah yang berjumlah 156 se Kabupaten Rejang Lebong akan segera mendapatkan kendaraan motor dinas baru sebagai kendaraan operasional.

Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Rejang Lebong Safuan, melalui Kabid Aset, Dodi Isgianto, S.Sos, ditemui diruang kerjanya kemarin (09/03), mengungkapkan proses pembelian kendaraan motor dinas bagi Kades dan Lurah sudah final dan mendapatkan persetujuan dari DPRD Rejang Lebong yang menggunakan anggaran APBD tahun 2017 sebesar Rp 2,7 milliar.

“Jadi sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri keluaran terbaru yakni nomor 19 tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Daerah bahwa nanti kendaraan motor Kades yang masih layak akan diberikan kepada pihak Kecamatan dan SKPD yang masih membutuhkan. Sedangkan kendaraan yang tidak lagi layak pakai akan dilakukan pelelangan setelah itu dihapuskan,” ujarnya.

Pengadaan motor dinas ini nantinya akan dilakukan lelang melalui Unit Layanan Pengadaan LPSE yang mengacu pada spesifikasi Katalog. Sejauh ini pihaknya tengah menyusun SK Tim pelelangan yang dalam waktu dekat akan diajukan kepada Bupati.”Termasuk survei harga sudah dilakukan. Untuk jenis motor dan pagu harga pembelian sudah mengacu pada Permendagri tersebut,” jelasnya.

Disisi lain, didalam Permendagri terbaru juga disebutkan bahwa setiap aset yang ada saat ini baik barang atau bangunan harus terlebih yang tidak layak bisa langsung dilakukan pelelangan yang selanjutkan baru dihapuskan. Seperti pembangunan gedung baru terlebih dahulu harus mendapatkan persetuan Bupati untuk dilelang kemudian barulah bangunan tersebut dihancurkan. Item yang bisa dilelang akan masuk ke kasda kemudian dimasukkan kedalam catatan item penghapusan barang.”Untuk aset yang masuk lelang tapi tidak laku maka tetap akan masuk dalam catatan aset dan bisa dilelang tahap berikutnya,” jelasnya. (gol)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

17 − 2 =