Dukung Program Satu Kecamatan Satu Wisata

Dukung Program Satu Kecamatan Satu Wisata

102
BERBAGI
SENO/RBO: Danau Nibung, salah satu lokasi objek wisata Mukomuko yang sering dijadikan untuk berselfiria

Disparpora Garap Data Objek Wisata

RBO, MUKOMUKO – Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Mukomuko saat ini sedang menggarap atau mendata ulang objek-objek wisata yang terdapat di Kabupaten Mukomuko. Hal ini disampaikan Kabid Pariwisata Disparpora, Yulia Reni, S.Si kemarin.

      Pendataan ulang terhadap objek wisata tersebut, katanya,  guna mendukung program satu kecamatan satu objek wisata unggulan.

      “Kita menginkan di setiap kecamatan paling tidak ada satu objek wisata unggulan yang dapat dikelola pemerintah setempat,” ujarnya.

Objek wisata yang didata tidak hanya wisata alam, namun juga termasuk wisata buatan atau wahana permainan. Data yang sudah masuk baru tiga kecamatan.

      “Data yang sudah terhimpun bari dari tiga kecamatan yakni enam wisata di Termang Jaya, lima di Penarik dan tiga di Selagan Raya. Sedangkan untuk 12 kecamatan lain masih dalam pendataan,” ungkapnya.

Selajuutnya, kata Reni, setelah pendataan rampung, maka akan dipilih satu objek wisata di masing-masing kecammatan.

“Katagorinya tentunya menarik, sudah mulai ada pengujung. Tidak menutup kemungkinan di satu kecamatan kita tetapkan dua objek yang diunggulkan, tergantung daya tarik dan minat pengunjung,” papar Reni.

      Ia mengatakan, berikutnya secara bertahap fasilitas pendukung lainnya secara bertahap akan diupayakan dibangun, guna meningkatkan wisata-wisata itu nanti.

      Tambahnya, sebenarnya pihaknya sudah memiliki data objek wisata sebanyak 32 lokasi. Hanya saja sejumlah lokasi dari data yang dihimpun 2012 lalu, terdapat objek wisata yang sudah sepi pengunjung.

      “Penyebab kurangnya pengunjung mungkin ada perubahan fisik dari objek tersebut. Selain itu banyak juga ditemukan wisata-wisata baru yang secara tidak langsung terpromosi dengan sendirinya karena banyak yang mengunggah di Mendsos,” demikian Reni. (sam)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

five × four =