Pemprov Gelar Internasional Bencoolen Dol Festival 2018

Pemprov Gelar Internasional Bencoolen Dol Festival 2018

42
BERBAGI
PLT Sekdaprov, Sudoto

RBO, BENGKULU – Pemerintah Provinsi Bengkulu terus berusaha mempromosikan berbagai potensi yang dimiliki. Salah satunya yaitu perhelatan akbar Internasional Bencoolen Dol Festival yang akan digelar 2018 mendatang.

Internasional Bencoolen Dol Festival ini rencananya menggabungkan seni budaya dari berbagai suku di Bengkulu secara kolosal diantaranya Musik Dol, Tari Semut khas Pulau Enggano, Sarafal Anam khas Suku Lembak, Tari Kejei yang merupakan kesenian rakyat Rejang dan Dendang khas Serawai.

Festival ini rencananya berlokasi di Benteng Marlborough. Selain melibatkan sanggar–sanggar di Bengkulu, festival ini juga melibatkan pelajar-pelajar internasional dan keduataan besar yang ada di Indonesia.

Sekadar mengingatkan, sebelumnya musik Dol Bengkulu terpilih dalam penyambutan Raja Salman bin Abdulaziz Al Sauddi Istana Bogor beberapa waktu lalu. Selain itu Musik Dol juga mulai dilirik oleh beberpa musisi kenamaan tanah air diantaranya Koreografer kenamaan Denny Malik dan Komponis Indonesia Erwin Gutawa.

“Kita persiapkan semua salah satu yang kita dorong secara kuat yaitu Musik Dol, kita publikasi terus sehingga semakin dikenal, semakin disenangi dan semakin ingin diketahui. Kita akan dorong secara terus – menerus Dol ini kedepan semakin baik,” ungkap Plt.Sekda Provinsi Bengkulu Ir.Sudoto, kemarin.

Sementara itu, Sudoto menambahkan, Pemda Provinsi Bengkulu berkeinginan agar pariwisata dapat mendorong perekonomian, karena menurutnya beberapa event pariwisata yang selama ini belum secara signifikan mendorong perekonomian. Hal ini disebabkan perputaran uang hanya dari masyarakat Bengkulu sendiri, karena yang tertarik untuk datang adalah pedagang dari luar bukan wisatawan.

“Kita ingin membangun suatu event dimana orang datang kita, kita siapkan tempat dan pada saat mereka belanja ke tempat kita maka uang yang beredar akan lebih banyak maka secara langsung maupun tidak langsung akan mempengaruhi perekonomian serta pendapatan masyarakat kita,” demikian jelasnya singkat. (ags)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

16 − 12 =