Ketua Ombudsman: Persoalan Serius Negeri Ini Pungli & Suap

Ketua Ombudsman: Persoalan Serius Negeri Ini Pungli & Suap

63
BERBAGI
IST/RBO: Kunjungan Ombusman RI ke Bengkulu

RBO, BENGKULU – Ketua Ombudsman Republik Indonesia Prof.Amzulian Rifai SH,LL.M,Ph.D mengatakan, salah satu persoalan serius di negeri ini adalah masalah pungutan liar pungli (red) dan suap.

“Di Singapura sulit mencari pungutan liar. inilah penyakit kita menurut saya,” tegasnya kemarin (16/3) di aula Pola Bappeda kantor Gubernur Bengkulu saat menggelar pertemuan dengan pejabat di lingkungan Setdaprov Bengkulu.

Melihat fakta itu, lanjutnya, Pemerintah Republik Indonesia akhirnya membentuk tim Satuan Petugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli melalui Perpres nomor `87 tahun 2016 itu yang di dalamnya masuk lembaga Ombudsman RI.

“Ada 4 tugas Satgas Saber Pungli. Pertama, fungsi intelejen, kedua fungsi pencegahan, ketiga fungsi penindakan. Serta keempat, fungsi justisi,” ulasnya.

Ditambahkan, melalui tim Satgas Saber Pungli tersebut, pemerintah berusaha ingin memberantas tindak pungli dan suap yang kini masih merajalela.

“Kita coba mengilangkan pungli, selama pungli itu ada susah, inilah yang merusak

pelayanan negeri kita. Secara nasional memang laporan kepada Ombudsman yang pungli itu hanya 7 persen,” bebernya.

“Belum lama ini ada tulisan orang Amerika, dia mengkritik Indonesia ini bagaimanapun tidak akan maju. Menurutnya ada 10 karakter orang  Indonesia yang tidak akan membuat orang Indonesia maju. Diantaranya, orang Indonesia itu pemalas, korupsi dan iri dengki,” jelasnya singkat. (ags)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

7 − 4 =