Setiap Tahun, Kasus Perceraian Meningkat

Setiap Tahun, Kasus Perceraian Meningkat

BERBAGI
Drs. Kamardi, M.A

RBO, BENGKULU – Pengadilan Agama Kelas 1 A Kota Bengkulu yang berlokasi dijalan Jenderal Basuki Rahmat No. 11 Kota Bengkulu banyak menerima perkara perceraian. “Setiap tahun ada peningkatan kasus perceraian. Dari tahun 2015 sampai 2016 naik 3,3%, tahun 2015 kasus perceraian mencapai 825 orang, dan tahun 2016 mencapai 840 orang. Sedangkan untuk tahun 2017 dari bulan Januari 106 orang, Februari 87 orang, Maret 53 orang.Tapi itu belum pasti. Karena bulan Maret kan belum habis,” ujar Humas Pengadilan Agama Kelas 1 A Bengkulu, Drs. Kamardi, M.A saat ditemui RADAR BENGKULU di ruang kerjanya kemarin.

Lebih lanjut dikatakan,kasus gugatan perceraian yang mmasuk itu dari umur 18 sampai 60 tahun ke-atas. Ada kebijakan dari instansi untuk mengurangi sisa perkara perceraian masuk di bulan Desember tahun 2016, makanya bulan Januari agak banyak kasus perceraian karena, sisa di bulan Desember masuk ke Januari 2017,” ujarnya.

Kasus gugatan perceraian lebih banyak kaum wanita yang melaporkan. Alasanya, karena berbagai masalah. Seperti ekonomi, perselisihan, orang ketiga, tidak tanggung jawab dan masih banyak lagi. “Ya, memang banyak kaum wanita yang melaporkan gugatan perceraian disini. Namanya juga hubungan rumah tangga, pasti banyak masalah. Tapi tidak selalu diselesaikan dengan perceraian.”

Saat ditanya yang menikah di bawah umur, dikatakanya, “Kami ada dispensasi dari Pengadilan Agama disini. Jadi, pihak orang tua yang ingin menikahkan anaknya bisa mengurusnya kesini. Rata-rata yang menikah di bawah umur banyak yang terjadi kecelakaan atau hamil diluar nikah karena salah pergaulan. Kami mengimbau kepada masyarakat Bengkulu, agar anak-anak yang masih dibawah umur agar dibatasi pergaulan mereka. Jangan terlalu bebas,” paparnya.

Harapannya ke depan agar tidak terlalu banyak terjadi kasus perceraian. “Ya, yang ingin menikah, apalagi mau nikah muda, sekolah dulu yang tinggi-tinggi. Jadi, tau cara pola berpikir yang maju, serta mempunyai iman dan takwa kepada Allah agar selalu harmonis dalam menjalin hubungan suami istri.” (Mg-02)

BERBAGI:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

4 × 1 =