Program Sekolah Universal Belum Bisa Diterapkan di Bengkulu

Program Sekolah Universal Belum Bisa Diterapkan di Bengkulu

30
BERBAGI

RBO, BENGKULU – Kabid Dikdas Dinas Dikbud Kota Bengkulu, Zainal Azmi, M.TPd menjelaskan, Kota Bengkulu beserta daerah lainnya di Bengkulu belum siap melaksanakan program Sekolah Universal atau Wajib Belajar (Wajar) sampai dengan 12 tahun atau hingga jenjang pendidikan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) sederajat.

Ketidaksiapan ini didasari pada alasan bahwa program Wajar 9 tahun hingga saat ini belum berjalan dengan optimal.

“Progam Wajar 12 tahun dilaksanakan setelah Wajar Dikdas 9 tahun terpenuhi. Setelah program lama itu selesai dilaksanakan, baru akan melaksanakan program Wajar 12 tahun,” terangnya.

Dijelaskan dia, program sekolah Universal atau Wajar 12 tahun yang dicanangkan pemerintah baru berupa rintisan hingga tahun 2020. Untuk mewujudkan hal itu diperlukan sinergisitas peran pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota.

“Program Wajar 12 tahun bukan hanya persoalan keberlanjutan mengenyam pendidikan, namun bagaimana meningkatkan kualitas pendidikan dalam rangka menumbuhkan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Karena itu, semangat Wajar 12 tahun yakni pendidikan menengah universal,” imbuhnya.

Saat ini menurutnya, hanya Provinsi yang memiliki Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang besar saja di Indonesia yang sudah bisa dijadikan rintisan program Wajar 12 tahun. Diantaranya, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Sumatera Utara (Sumut), Jakarta dan Jawa Barat.

“Jika melihat PAD nya, Provinsi tersebut yang bisa menjadi rintisan Wajar 12 tahun. Untuk Kota Bengkulu sementara waktu masih fokus dengan program Wajar 9 tahun,” tutupnya. (ags)

BERBAGI:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY