Wisata Pantai Penago, Keindahan Alam Yang Masih Terpelihara

Wisata Pantai Penago, Keindahan Alam Yang Masih Terpelihara

95
BERBAGI

RBO, SELUMA – Satu lagi spot wisata di Kabupaten Seluma yang tak boleh terlewatkan. Membahas soal keindahan panorama pantai, Pantai Penago di Desa Penago, Kecamatan Ilir Talo tentunya tak kalah indah dan eksotis dibanding wilayah wisata pantai di daerah lain. Sama halnya dengan wilayah wisata lain, pantai ini menjadi pusat hiburan wisata saat hari libur, hari besar keagamaan, dan moment tahun baru.

“Di hari-hari biasa Pantai Penago juga dikunjungi masyarakat lokal maupun pengunjung dari daerah lain. Namun puncaknya saat moment hari raya Idul Fitri,Idul Adha dan tahun baru,” kata Kabid Pariwisata Disporapar Seluma, Tomi Abas S. Hut, saat ditemui RADAR BENGKULU di ruang kerjanya Jumat (24/3).

Diakui Kabid Pariwisata, Pantai Penago masuk dalam icont kawasan wisata andalan di Bumi Serasan Seijoan. Sayangnya, potensi kawasan pantai ini belum tergali maksimal.

“Pemerintah sendiri masih belum bisa berbuat banyak untuk pembangunan potensi wisata di kawasan tersebut. Sebab,di Pantai Penago sejumlah titik kawasannya masuk kawasan Cagar Alam (CA),” kata Tomi.

Untuk mengoptimalkan pembangunan centra wisata, setidaknya kawasan Pantai Penago harus diusulkan perpindahan status dari CA menjadi TWA (Taman Wisata Alam), tentunya dengan izin Kementerian Kehutanan.

“Untuk pembangunan belum optimal. Hanya saja pemeliharaan kelestarian ekosistem pantai masih tetap terpelihara,” sampainya.

Kendati demikian, Pemkab Seluma melalui Disporapar, menargetkan tetap memprioritaskan wisata Pantai Penago sebagai salah satu objek wisata andalan. Pembangunan bertahap dan berkesinambungan masih tengah diupayakan, agar potensi wisata dapat menarik PAD (Pendapatan Asli Daerah).

“Termasuk sosialisasi dan melibatkan peran putri Pariwisata untuk memperkenalkan wisata di Seluma, salah satunya keindahan Pantai Penago,” sampainya.

Bagi anda tentunya, yang penasaran, dapat mengunjungi wisata pantai Penago, dengan akses yang sangat mudah dijangkau. Selain pengunjung gratis menikmati panorama alam di hari libur dan hari-hari biasa, pengunjung juga bisa membawa pulang tangkapan ikan segar, dikawasan pusat aktivitas nelayan, di Pantai Penago tersebut. (One)

BERBAGI:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY