Kelompok Tanggap Bencana Diusulkan Bantuan Modal Usaha

Kelompok Tanggap Bencana Diusulkan Bantuan Modal Usaha

90
BERBAGI

RBO, MUKOMUKO – Pemerintah Kabupaten Mukomuko melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengsulkan 10 kelompok dari 10 desa di Kabupaten Mukomuko yang  rawan bencana diusulkan untuk mendapat modal usaha dari Pemerintah Pusat. Hal ini disampaikan Kepala BPBD Kabupaten Mukomuko, Ramdani, SE.

“Bantuan modal usaha yang akan diberikan kepada kelompok itu merupakan kontribusi yang diterima karena telah melakukan pembentukan desa siaga bencana,” katanya.

Dijelaskan Ramdani, di desa siaga yang diusulkan akan dibentuk kelompok masyarakat yang siaga dan tanggap dalam menghadapi bencana alam.     Lanjutnya, anggota kelompok inilah yang nantinya dituntut untuk tanggap ketika terjadi bencana.

“Jadi, wajar-wajar saja kita berikan mereka modal usaha. Terus terang kita sangat butuh orang-orang yang tanggap dan terampil menghadapi bencana, guna mengurangi risiko dari bencana itu,” ujarnya.

Ia mengatakan, usulan itu disampaikan langsung kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). 10 desa yang diusulkan pihak BPBD Kabupaten Mukomuko berada dekat pantai karena di wilayah itu termasuk rawan bencana tsunami. hal itu menindaklanjuti program BNPB untuk membentuk desa siaga bencana di Kabupaten Mukomuko.

“Harapannya, desa-desa yang kita usulkan, dapat dikabulkan oleh Pemerintah Pusat,” pungkasnya. (sam)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

three × five =