Zakat Alternatif Penanggulangan Kemiskinan

Zakat Alternatif Penanggulangan Kemiskinan

68
BERBAGI
Ist/RBO: Ketua Baznas Kepahiang saat berkunjung ke DPRD Kepahiang.

RBO, KEPAHIANG – Terbentuknya Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) sebagai wujud kesadaran umat Islam pentingnya manejeman zakat. Sebab dinilai tepat guna dan tepat sasaran di negara yang berpenduduk mayoritas muslim ini. Zakat bisa jadi alternatif untuk penanggulangan angka kemiskinan yang selama ini jadi permasalahan bangsa.

Ketua Baznas Kabupaten Kepahiang Drs. Nurdin Mahmud, Baznas akan menjadi solusi bagi permasalahan umat saat ini. Selain akan memberikan sumbangsi pengurangan angka kemiskinan, melalui metode zakat Baznas juga memberikan kontribusi kepada daerah dalam bidang pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

“Target kita kedepan Baznas Kepahiang bisa membantu masyarakat kurang mampu, dan melanjutkan pendidikan bagi pelajar yang putus sekolah karena kurang mampu,”ujar Ketua Baznas saat berkunjung ke Sekretariat DPRD Kepahiang, Rabu (29/03), siang.

Disampaikan Nurdin, dibentuknya Baznas bertujuan untuk menjadi wadah pengumpulan zakat dari umat muslim, lalu zakat tersebut diolah dan disalurkan kepada mustahiq. Jadi lanjut Baznas akan menyediakan bantuan jaminan sosial bagi fakir miskin.

“Kehadiran Baznas ini akan menompak tugas negara dalam mensejahterakan masyarakat kurang beruntung,”jelasnya.

Selanjutnya usai koordinasi dengan DPRD Kepahiang, ketua Baznas Kepahiang dan rombongan akan berkoordinasi dengan bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayatullah Sjahid, MM.

“Kita berkoordinasi dengan Pemkab Kepahiang dan lembaga DPRD. Dalam hal ini meminta suport dalam rangka tujuan dan target kita membantu masyarakat kurang mampu di Kepahiang, harapan kita kedepan peran kita dapat membantu sesama,”sampai Nurdin.

Disisilain Waka II DPRD Kepahiang Syaparudin menyambut baik tujuan Baznas Kepahiang dalam rangka membantu sesama umat muslim yang membutuhkan, terutama pada dunia pendidikan. Pihaknya dari kelembagaan mendukung penuh langkah awal Baznas Kepahiang.

“Tujuannya membantu sesama masyarakat muslim yang tidak mampu, tentu kita dukung baik dari segi moril maupun materil. Mengenai anggaran kepada Baznas tentu akan kita koordinasikan dengan pimpinan, sebab niat baik ini wajib terrealisasi,”ujar
Syaparudin. (izu)

BERBAGI:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY