Belanja Barang & Jasa Harus Efektif

Belanja Barang & Jasa Harus Efektif

50
BERBAGI
Ikrok/RBO: Bupati, Deputi LKPPRI dan Kajari Kepahiang saat menghadiri pembukaan sosialisasi paket regulasi pengadaan barang/Jasa diaula Dikbud Kepahiang, Kamis (30/03)

RBO, KEPAHIANG – Selama ini sering ditemui oknum-oknum bermain anggaran untuk memperkaya diri sediri dan kelompok, akibatnya harus berurusan dengan hukum dan dijobloskan dalam jeruji besi. Kedepan diharapkan uang negera harus dibelanjakan secara efektif dan efisien serta akuntable.

Deputi Bidang Hukum dan Penyelesaian Sanggah Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Republik Indonesia (LKPPRI) Ir Ikak Gayuh Patriastomo, dihadapan bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayatullah Sjahid, MM, dan Kepala OPD, Forum Kades dan perwakilan perusahaan penyedia jasa dan barang yang ada di Kabupaten Kepahiang mengatakan pengunaan anggaran baik dari APBN maupun APBD harus dilakukan secara efektif. Dalam hal ini pengunaan harus tempat sasaran dan tempat guna.

“Efektivitas belanja barang/jasa pemerintah itu sangat penting, tetapi bila bisa melakukan efisensi bejalan juga bagus,”ujar Gayuh, diaula Dikbud Kepahiang, Kamis (30/03), pagi.

Oleh karena itu lanjut Gayuh, semua pejabat pemerintah harus membangun komitmen untuk selalu membelanjakan uang negara seperti dia membelanjakan uang sendiri. Dalam artinya pejabat dimaksud harus selektif dalam mengunakan uang negara dimaksud.

“Gunakan uang APBD seperti uang mengunakan uang sendiri, belajankan dengan baik dan benar,”tuturnya.

Lalu Gayuh mengatakan penguna APBD dengan baik dan benar akan membuat penjabat tidak merasa was-was atau takut terhadap aparat penegak hukum. Karena apa yang dilakukan sudah benar, sedangan penegak hukum hanya melakukan penindakan hukum bila terjadi kesalahan.

“Jadi jangan takut dengan Kajari, asal niat untuk membelanjakan APBD untuk kesejahtera, pasti Kajari akan dukung,”ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Kepahiang meminta kepada Deputi untuk memberikan pemahaman kepada pejabat di Kabupaten Kepahiang dan perusahaan penyedia barang dan jasa terkait mekanisme dalam pengadaan barang dan jasa.

“Saya berharap prinsif efektivitas dan efisiensi dalam pengunaan anggaran bisa dipahami oleh penguna anggaran APBD Kepahiang, saya berharap pak Gayuh bisa memberikan materi terkait pengadaan barang/jasa ini,”harap bupati.

Untuk diketahui bertempat diaula Dikbud Kepahiang diadakan sosialisasi kepada pejabat Kepahiang terkait paket regulasi pengadaan barang/jasa di Kabupaten Kepahiang. Sosialisasi ini mengambil tema Mitigasi Permasalahan Hukum Melalui Pemahaman Pengadaan Barang/Jasa. Sosialisasi dibukan langsung oleh Bupati Kepahiang Dr.Ir Hidayatullah Sjahid, MM, dan dihadir oleh Kajari Kepahiang H. Wargo, SH. (izu)

BERBAGI:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY