2 Dari 33 Peserta UKW Belum Beruntung

2 Dari 33 Peserta UKW Belum Beruntung

BERBAGI
BRI/ROB: 33 Peserta UKW tingkat Muda,Madya dan utama berpoto bersama dengan penguji dari PWI Pusat dan dewan Pers serta pengurus PWI Cabang Bengkulu usai penutupan UKW

2 Wartawan RADAR BENGKULU Lulus UKW Utama

RBO, BENGKULU – Uji Kompetisi Wartawan (UKW) yang dilaksanakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), berlangsung sukses. Dari 35 yang mendaftar, 2 tidak hadir dan 33 peserta yang mengikuti seluruh rangkaian uji kompetisi wartawan dinyatakan berhasil 31 wartawan. Sedangkan dua wartawan dinyatakan belum berhasil. Perwakilan Tim Penguji (PWI Pusat) Djunaedi Tjunli Agus mengatakan, banyak faktor yang menyebabkan dua wartawan tersebut belum berhasil. Pertama adalah faktor grogi. Kedua, adalah faktor stres. Karena desakan dan tekanan serta psikologi.

“Banyak faktor yang menyebabkan yang bersangkutan belum berhasil. Padahal apa yang diujikan tersebut sudah dilaksanakan sehari-hari dilingkungan kerja. Namun yang paling dominan adalah faktor grogi, karena tekanan,” kata dia saat menyampaikan laporan proses UKW pada saat acara penutupan UKW di Balai Ratu Samban, Jumat (31/3).

Dijelaskan Djunaedi, sesuai dengan keinginan dewan Pers, dimana wartawan Indonesia kedepanya harus memiliki sertifikasi. Dengan berbagai tingkatan. “Untuk UKW angkatan ke 4 di Bengkulu ini yang paling banyak diikuti untuk wartawan Utama, sebanyak 21 orang dan dibagi menjadi 3 kelompok. Sedangkan untuk Madya satu kelompok dan Muda satu kelompok,” kata dia.

Selain faktor grogi, juga ada faktor X. Yakni, cerita-cerita senior yang telah ikut UKW dan lulus. Dimana banyak cerita-cerita yang disampaikan dilebih-lebihkan. “Ada pengunji yang killer, ada yang lain dan sebagainya, sehingga yang bersangkutan menjadi grogi saat ikut proses UKW dilaksanakan,” sampai dia.

Secara nasional UKW yang dilaksanakan di Bengkulu ini adalah angkatan yang ke 229. “Saat ini sebanyak 6.880 wartawan anggota PWI telah bersertifikasi, dari 15.000an anggota yang tersebar diseluruh Indonesia,” jelas dia.

Sementara itu, Asisten III Pemda Bengkulu Utara, Ramadanus yang mewakili Bupati Bengkulu Utara, Ir. Mian mengatakan kebanggaannya terhadap suksesnya proses UKW di Ibukota Kabupaten Bengkulu Utara, yakni di Arga Makmur tersebut.

“Kami bangga UKW dan rangkaian HPN di Arga Makmur berjalan sukses dan kami mendukung upaya Dewan Pers untuk menertibkan Wartawan yang benar bersertifikasi. Sehingga apa yang dilakukan dapat menghargai profesinya sendiri,” tutup dia. (hcr)

BERBAGI:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

nineteen − six =