Bang Ken: Tiga Infrastruktur Dasar Paling Banyak Dikeluhkan Warga

Bang Ken: Tiga Infrastruktur Dasar Paling Banyak Dikeluhkan Warga

58
BERBAGI
IST/RBO: Infrastruktur jalan yang paling banyak dikeluhkan warga

RBO, BENGKULU – H. Ahmad Kanedi, SH, MH selalu turun ke bawah untuk menyerap aspirasi warga. Hasil dari kunjungan dari berbagai kabupaten tersebut, ternyata ada tiga hal yang paling banyak dikeluhkan warga.

Keluhan pertama adalah permasalahan irigasi (pengairan), dimana Provinsi Bengkulu, dikenal memiliki lahan persawahan luas namun permasalahanya adalah banyaknya saluran irigasi tersebut yang rusak sehingga mengakibatkan banyak petani yang gagal panen.

“Saluran irigasi yang mengairi sawah petani banyak yang rusak, dan ini menduduki keluhan yang utama bagi petani sawah, Seluma, Bengkulu Selatan dan Kaur,” uja dia.

Lalu permasalahan yang kedua adalah permasalahan listrik, dimana permasalahan listrik ini menjadi pemicu berbagai aktivitas ekonomi masyarakat desa, namun jika sering mati, maka akan menganggu aktivitas ekonomi tersebut.

“Contoh kecil saja, usaha batu es di desa sangat banyak diminati oleh warga, karena banyaknya permintaan warga, apalagi pada siang hari, oleh karenanya bila listrik sering mati, maka menimbulkan ekonomi biaya tinggi yakni dengan cara menggunakan Diesel atau jenset, ini baru satu contoh kecil, belum lagi potensi ekonomi yang lainnya yang sangat tergangung dengan listrik,” kata dia.

Sedangkan permasalahan yang ketiga yang paling banyak dikeluhkan masyarakat adalah, permasalahan infrastruktur jalan. Jalan ini adalah jalan yang menghubungkan dengan sentra produksi.

“Jika jalan dari sentra produksi lancar, maka geliat ekonomi wargapun akan meningkat,” ujar dia.

Bahkan hasil penelusurannya, H. Ahmad Kanedi menemukan banyak hal, soal jalan yang harus dilalui oleh kendaraan dobel cabbin, motor ojek yang menggunakan rantai dan sebagainya, lalu ada desa yang memang belum dialiri listrik, serta ada irigasi yang rusak parah sehingga petani kekurangan air.

“Permasalahan ini sudah dikelompokkan dan disampaikan ke pusat untuk dibantu dianggarkan,” ujar dia.

Disisi lain Kanedi, juga menyebutkan masalah pendidikan, dimana jika pendidikan hingga kedesa baik, maka akan ada peningkatan SDM didesa. “Dengan meningkatkannya SDM, maka akan semakin cepat kemajuan dan pembangunan didesa tersebut,” singkat dia. (hcr)

BERBAGI:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY