Pilwakot Dipastikan Hanya Satu Putaran

Pilwakot Dipastikan Hanya Satu Putaran

80
BERBAGI
Ketua KPU Kota Bengkulu, Darlinsyah S.Pd, M.Si

Darlinsyah: Suara Terbanyak Langsung Menang

RBO, BENGKULU – Proses pelaksanaan Pilwakot Bengkulu tahun 2018 segera dimulai. Ketua KPU Kota Bengkulu, Darlinsyah S.Pd, M.Si, menjelaskan Pilwakot hanya akan berlangsung satu putaran.
“Ya nanti, Pilkada Walikota kita hanya berlangsung satu putaran. Karena sesuai dengan Undang-Undang nomor 10 itu, yang beda adalah Pilkada DKI, Pilkada Aceh dan Papua,” ungkap Darlinsyah.

Adapun dalam UU itu dijelaskan, sambung Darlinsyah. Jika Pilkada DKI, harus 50 persen plus satu. Kemudian yang kedua Pilkada Gubernur Aceh, Aceh itu spesifiknya beda dengan daerah lain. Aceh itu diikuti oleh partai lokal. Ketiga Pilkada Papua, Pilkada Papua ini calon harus orang Papua asli.

“Jadi, untuk yang dua putaran adalah daerah yang mempunyai otonomi khusus. Dan untuk di Indonesia ini, diluar dari tiga daerah tersebut, Pilkadanya sama. Berapapun persentase dukungan suara yang diperoleh oleh calon, itulah yang akan ditetapkan jadi pemenang,” jelasnya.

Sebab itu, berapapun Paslon yang berkompetisi dalam Pilwakot nanti, Darlinsyah memastikan tidak akan dua putaran. “Misalnya. Nanti dari beberapa Paslon ada salah satu Paslon yang meraih dukungan terbanyak dan persentasenya hanya 25 persen namun mengungguli calon-calon lainnya, maka tetap itulah yang akan ditetapkan jadi pemenang,” pungkasnya. (idn)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

14 − 10 =