TKSK Temukan 20 Kasus Pemasungan

TKSK Temukan 20 Kasus Pemasungan

64
BERBAGI

RBO, CURUP – Sepanjang tahun 2010 hingga saat ini, para Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) yang tersebar di 156 Desa Kelurahan di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu berhasil menangani sebanyak 20 kasus pemasungan warga penderita psikotik (gangguan jiwa).

Hal itu disampaikan, Meni Azizah, pekerja sosial yang tergabung dalam Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kabupaten Rejang Lebong. Ia menuturkan bahwa rata-rata para korban pemasungan ini berusia mulai dari 23 hingga 35 tahun. Dari jumlah yang mereka temukan ini terdapat seorang penderita yang telah dipasung selama 15 tahun.

Untuk itu, dia berharap kalangan masyarakat didaerah itu yang memiliki keluarganya mengalami gangguan jiwa agar tidak dipasung, dan segera menghubungi petugas sosial maupun dinas terkait. Sehingga bisa diberikan penanganan.

Sementara itu, untuk tahun ini saja kata dia, telah berhasil menemukan empat penderita psikotik yang dipasung keluarganya. Dua diantaranya sudah mereka fasilitasi untuk dirujuk ke RSJKO Bengkulu. “Mereka ini dipasung keluarganya dengan alasan takut berkeliaran dan membahayakan warga lainnya,” katanya.

Keempat penderita psikotik yang mengalami pemasungan ini kata dia, dua diantaranya sudah mereka rujuk ke RSJKO Bengkulu. Sedangkan dua orang lainnya masih dalam proses mediasi, mengingat pihak keluarga masing-masing belum memberikan izin untuk dibawa ke Bengkulu.

Penderita psikotik yang mereka temukan ini, ada yang telah dipasung selama tujuh tahun. Dimana dari keterangan pihak keluarga masing-masing mereka terpaksa melakukan pemasangan karena penderita ini suka mengamuk dan membahayakan orang lainnya. Sementara untuk melakukan pengobatan, pihak keluarga tidak mampu.

Kalangan penderita gangguan jiwa ini ditemukan oleh kelompok pekerja sosial yang dibentuk oleh Kemensos tersebut setelah adanya laporan dari masyarakat yang tersebar dalam 156 desa/kelurahan dalam 15 kecamatan di daerah itu. (gol)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

ten − six =