63 Kasus UN, Mulai DO, Nikah Hingga Sakit

63 Kasus UN, Mulai DO, Nikah Hingga Sakit

BERBAGI
AGUS/RBO: Siswa SMKN 1 Kota Bengkulu terlihat serius mengerjakan soal UNBK, kemarin (3/4).

 

Puluhan Siswa Tak Ikut UN Hari Pertama

RBO, BENGKULU – Tercatat puluhan siswa peserta Ujian Nasional (UN) tingkat SMK se-Kota Bengkulu absen alias tidak mengikuti UN pada hari pertama, Senin kemarin (3/4) .
Sementara itu, UN SMK sendiri ada sekolah yang menggunakan komputer (UNBK) dan ada yang masih menggunakan kertas.
Dijelaskan oleh Panitia UN Kota Bengkulu Sugiman, tidak ikutnya siswa tersebut pada UN hari pertama disebabkan oleh banyak faktor.
“Peserta UN SMK se-Kota terdaftar ribuan lebih. Dari jumlah itu, tercatat peserta yang tidak mengikuti UN sebanyak 63 peserta. Rinciannya 43 siswa UN menggunakan kertas drop out (DO) dan 3 peserta lagi menikah. Sedangkan peserta yang UNBK tercatat ada sebanyak 1 orang yang tidak hadir karena sakit, sedangkan 19 orang tercatat DO,” jelasnya, kemarin.
Ia menjelaskan, bagi peserta yang belum mengikuti UN utama kemarin dengan berbagai alasan. Seperti sakit, maka dari pihak panitia UN akan melihat dulu perkembangannya. Kalau pada hari kedua (hari ini-red) penyelenggaraan UN siswa tersebut masih dalam kondisi sakit serta tidak mampu untuk mengikuti UN besok (hari ini-red), maka siswa tersebut akan diikutsertakan pada UN susulan.
“Berdasarkan pantauan dan informasi yang kami peroleh, pelaksanaan UN berjalan dengan lancar tanpa adanya kendala. Kita harapkan ini dapat berlanjut hingga pelaksanaan UN hari terakhir,” tegasnya.
Terpisah, Ketua Panitia UN Provinsi Bengkulu R.Wahyu.DP mengaku hingga kemarin pihaknya belum mendapatkan informasi adanya kendala pada pelaksanaan UN hari pertama.
“Sejauh ini belum ada laporan permasalahan terkait kekurangan soal maupun lembar jawaban UN (LJUN), hingga kini pun kami masih menunggu jumlah valid data siswa SMK se-Provinsi Bengkulu yang tidak mengikuti UN hari pertama. Karena datanya akan dikirim berbarengan dengan naskah LJUN,” bebernya.
“UN SMK digelar duluan, ada 42 sekolah yang menggunakan UNBK, sisanya UN menggunakan kertas. UN SMA digelar minggu depan,” pungkasnya. (ags)

BERBAGI:

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

5 + five =